Oktavia, Yesiana (2021) Kolaborasi Antara Peran Orang Tua dan Guru Dalam Model Pembelajaran di Masa Pandemi di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_ Cover_PIAUD.pdf Download (118kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_Lembar Persetujuan Pembimbing_PIAUD.pdf Download (155kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_Lembar Pengesahan_PIAUD.pdf Download (180kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_Abstrak_PIAUD.pdf Download (203kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_Daftar Isi_PIAUD.pdf Download (205kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_BAB I_PIAUD.pdf Download (370kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_ BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_ BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_ BAB IV_PIAUD.pdf Download (386kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_ BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_ DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (203kB) |
|
Text
Yesiana Oktavia_20170701062068_Keaslian Tulisan_PIAUD.pdf Download (186kB) |
Abstract
Kata Kunci: Peran Orang Tua dan Guru, Pembelajaran di Masa Pandemi. Peran orang tua dan guru pada pembelajaran daring adalah suatu usaha yang dilakukan secara bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu lembaga yang melakukan kolaborasi antara peran orang tua dan guru pada pembelajaran daring adalah TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan. Kolaborasi ini dilakukan dengan tujuan agar terjalin komunikasi semakin erat antara orang tua dan guru supaya semakin tau peran mereka masing-masing dalam pembelajaran daring ini. Ada dua fokus penelitian didalam penelitian ini, pertama Bagaimana peran orang tua dan guru dalam pembelajaran daring di masa pandemi di TK PKK Nyalabu Daya Pamekasan, kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam kolaborasi antara peran orang tua dan guru dalam pembelajaran daring di masa pandemi di TK PKK Nyalabu Daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan, dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama kolaborasi antara peran orang tua dan guru pada pembelajaran daring yaitu: peran guru adalah membimbing serta mengarahkan siswa agar tercapai tujuan pembelajaran yang telah di sepakati, peran orang tua adalah memfasilitasi kebutuhan anak agar anak dapat belajar dengan baik seperti memfasilitasi buku bacaan dan buku tulis, pensil dll. Jadi kolaborasi yaitu untuk menjalin komunikasi aktif yang baik agar tercapai suatu tujuan bersama dalam mewujudkan pendidikan. Kedua faktor pendukung dan penghambat peran guru dan orang tua dalam pembelajaran daring yaitu: faktor pendukung adalah turut mendorong, meyokong menunjang dan membantu mempercepat terjadinya sesuatu dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat yang terjadi pada masa pembelajaran daring ini masih banyak dari wali murid / orang tua yang tidak memiliki alat komunikasi yang memadai untuk melakukan pembelajaran daring sehingga itu yang memjadi hambatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71K ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:29 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:29 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/3202 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |