Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi BMT NU-Q Terhadap Kepuasan Anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan

Faizah, Maunatul (2022) Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi BMT NU-Q Terhadap Kepuasan Anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_Cover2_PBS.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PBS.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022015_Lembar Pengesahan_PBS.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_Abstrak_PBS.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022015_Daftar_Isi_PBS.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_BAB 1_PBS.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_BAB II_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_BAB III_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022015_BAB IV_PBS.pdf

Download (554kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_BAB V_PBS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_Daftar_Pustaka_PBS.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Maunatul Faizah_18383022105_Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_PBS.pdf

Download (228kB)

Abstract

Kata kunci: Kualitas Layanan, Aplikasi BMT NU-Q, dan Kepuasan Anggota. Dalam era perkembangan tekonologi yang semakin maju, tentu Baitul Mall Wat Tamwil akan memiliki persaingan yang ketat dalam memberikan layanan jasa melalui teknologi informasi. Untuk memanfaatkan teknologi informasi tersebut yaitu dengan meningkatkan layanan dengan cara memberikan kualitas layanan yang baik yang sesuai dengan harapan anggota. Hal ini dilakukan oleh BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan melalui teknologi aplikasi BMT NU-Q. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kualitas layanan aplikasi BMT NU-Q terdiri dari efisiensi, pemenuhan jasa, ketersediaan sistem, privasi, jaminan, dan tampilan situs yang diuji secara parsial terhadap kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan, (2) pengaruh kualitas layanan aplikasi BMT NU-Q terdiri dari efisiensi, pemenuhan jasa, ketersediaan sistem, privasi, jaminan, dan tampilan situs yang diuji secara simultan terhadap kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah anggota BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan yang menggunakan aplikasi BMT NU-Q yang berjumlah 100 anggota dengan penentuan sampel 80 anggota dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Non Probability Sampling dengan metode Sampling Insidental. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS Versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial berdasarkan hasil uji t diperoleh empat variabel (efisiensi, ketersediaan sistem, privasi, dan tampilan situs) tidak berpegaruh terdapat kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan dengan masing-masing nilai thitung -0,008 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,994 > 0,05 ; thitung -0,502 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,959 > 0,05 ; thitung -0,129 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,898 > 0,05 ; thitung 0,402 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,689 > 0,05) dan dua variabel (pemenuhan jasa dan jaminan)berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan dengan masing- masing nilai thitung 2,731 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,008 > 0,05 ; thitung 2,832 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,006 > 0,05) (2) secara simultan berdasarkan hasil uji F dapat dijelaskan bahwa variabel efisiensi, pemenuhan jasa, ketersediaan sistem, privasi, jaminan, dan tampilan situs berpengaruh positif dan signifikanterhadap kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan dengannilai Fhitung 11,889 > Ftabel 2,244 dan taraf sig 0,000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Fakultas Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:52
Last Modified: 20 Jun 2023 04:52
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4342

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item