Internalisasi Nilai-Nilai Religius dalam Menjaga Kearifan Lokal Siswa di SMAN 1 Pamekasan, Skripsi Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah

Mufarrahah, Faisha (2020) Internalisasi Nilai-Nilai Religius dalam Menjaga Kearifan Lokal Siswa di SMAN 1 Pamekasan, Skripsi Program Studi PAI, Fakultas Tarbiyah. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
1 SAMPUL-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (113kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (103kB)
[img] Text
3 HALAMAN PENGESAHAN-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (359kB)
[img] Text
4 ABSTRAK-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (153kB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (162kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (94kB)
[img] Text
7 BAB I-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (303kB)
[img] Text
8 BAB II-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
9 BAB III-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
10 BAB IV-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (567kB)
[img] Text
11 BAB V-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
12 DAFTAR RUJUKAN-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (261kB)
[img] Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (253kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (363kB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP-MUFARRAHAH FAISHAL 20160701010124.pdf

Download (170kB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Nilai religius, Kearifan lokal, Siswa Penerapan internalisasi nilai-nilai religius sangatlah penting untuk dapat menjaga kearifan lokal siswa khususnya di sekolah menengah atas. SMAN 1 Pamekasan merupakan sekolah umum favorit yang kepada siswanya juga tetap ditanamkan nilai-nilai religius dengan beragam program keagamaan yang diselenggarakan secara rutin seperti program tahfidz Qur’an, sholat dhuha, pembacaan ayat suci al-Qur’an dan Asmaul Husna, serta banyak program lainnya. Sehingga menarik kiranya untuk meneliti proses internalisasi nilai-nilai religius dalam menjaga kearifan lokal siswa di SMAN 1 Pamekasan. Terdapat tiga fokus penelitian dalam penelitian ini; Bagaimana penerapan internalisasi nilai-nilai religius dalam menjaga kearifan lokal siswa di SMAN 1 Pamekasan, apa saja faktor pendukung internalisasi nilai-nilai religius dalam menjaga kearifan lokal siswa di SMAN 1 Pamekasan, dan apa saja faktor penghambat internalisasi nilai-nilai religius dalam menjaga kearifan lokal siswa di SMAN 1 Pamekasan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologis. Peneliti menggunakan tiga tehnik pengumpulan data yakni; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa langkah; reduksi data yang meliputi pengecekan data dan pengelompokan data, display data, kemudian pengambilan kesimpulan atau verifikasi data. Untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan beberapa tehnik antara lain; perpanjangan keikut sertaan (kehadiran peneliti), ketekunan/ keajengan pengamatan, dan triangulasi yang meliputi triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan internalisasi nilainilai religius sudah sistematis pelaksanaannya sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan disepakati bersama. Langkah-langkah internalisasi nilai-nilai religius yang diterapkan disana berupa; pembacaan al-Qur’an dan Asmaul Husna sebelum proses pembelajaran dimulai, sholat Dhuha, shalat dhuhur berjamaah, jum’at bersedakah, tahfidz Qur’an, pengajian rutinitas tiap malam, dan pengajian safarial. Penerapan internalisasi nilai-nilai religius yang diterapkan di sekolah memberikan beberapa manfaat; pembentukan karakter yang baik, menambah wawasan, mempererat silaturahim antara guru dan siswa, terbiasa mendisiplinkan diri dengan baik, tidak meremehkan aturan sekecil apapun, istiqomah dalam beribadah tepat waktu, dan siswa lebih tawadu’. Beberapa faktor pendukung internalisasi nilai-nilai religius dalam menjaga kearifan lokal siswa; sarana dan prasarana yang memadai, pengaruh teman yang berkeinginan tinggi untuk mengikuti setiap program keagamaan, partisipasi guru, dan dukungan orang tua. Sedangkan terdapat pula beberapa faktor penghambat; Waktu kegiatan di sekolah bersamaan dengan kegiatan pribadi siswa, pengaruh buruk lingkungan, orang tua kurang memperhatikan nilai-nilai religius siswa, pengaruh buruk teman sebaya, serta beberapa guru kurang peduli terhadap internalisasi nilai-nilai religius.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Jan 2021 05:10
Last Modified: 17 Jul 2024 03:31
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/466

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item