Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Buku Ajar Di SMP Islam Tanjung Kabupaten Sampang

Hasanah, Siti Wardatul (2022) Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Buku Ajar Di SMP Islam Tanjung Kabupaten Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_Cover_PAI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_Lembar_Persetujuan_PAI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_Lembar_Pengesahan_PAI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_Abstrak_PAI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_Daftar_Isi_PAI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_BAB 1_PAI.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Siti Wardtul Hasanah_18381012168_BAB II_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_BAB III_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_BAB IV_PAI.pdf

Download (675kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_BAB V_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_Daftar_Pustaka_PAI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Siti Wardatul Hasanah_18381012168_Keaslian Penulis_PAI.pdf

Download (153kB)

Abstract

Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Buku Ajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan sekolah SMP Islam Tanjung, mayoritas siswa di sekolah SMP Islam Tanjung memiliki tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda, oleh karena itu agar dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa perlu adanya buku ajar. Dengan demikian melalui buku ajar mampu meningkatkan pemahaman siswa, dan juga pada penerapan metode yang sesuai dengan kedaan siswa agar dapat meningkatkan pemahaman siswa melalui buku ajar. Dalam hal itu, siswa harus mempunyai buku masing�masing, dimana dengan adanya buku tersebut siswa dapat terbantu dan tidak hanya siswa saja yang terbantu melainkan juga guru-guru yang mengajar di sekolah SMP tersebut. Pada dasarnya penyediaan buku ajar memang seharusnya disediakan oleh pemerintah, agar pelaksanaan pembelajaran disekolah dapat berjalan efektif, tugas guru hanya menyiapkan ajaran yang akan diajarkan kepada muridnya dan juga penyesuaian metode yang akan diterapkan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pada penerapan metode di dalam buku ajar guru di SMP Islam Tanjung menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, dimana metode tersebut dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa, dikarenakan kedua metode ini sangat berkaitan dalam penerapan buku ajar, dalam penerapan metode ceramah guru memberikan kesempatan kepada siswanya untuk membaca kemudian guru menjelaskan apa yang sudah mereka baca, setelah guru menjelaskan kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, begitupun sebaliknya guru bertanya kepada siswa, tujuan tersebut agar dapat meningkatkan pemahaman siswa melalui buku ajar. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui adanya buku ajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam melalui buku ajar di SMP Islam Tanjung. 2) untuk mengetahui apa saja metode yang diterapkan dalam buku ajar sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran agama Islam di SMP Islam Tanju. 3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pengadaan buku ajar pada proses KBM dalam meningkatkan pemahaman siswa siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah, penelitian lapangan dengan mengunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dekskriptif dengan mengunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer yang diperoleh oleh peneliti berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, guru pendidikan Agama Islam, siswa yang sekolah di SMP Islam Tanjung Kabupaten Sampang, observasi lapangan yang dilakukan oleh peneliti pada kegiatan tersebut, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh peneliti bisa berupa bahan refrensi seperti misalnya buku, jurnal, Al Qur’an, yang berkaitan atau membahas tentang Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Buku Ajar Di SMP Islam Tanjung Kabupaten Sampang. . Adapun hasilnya adalah buku ajar Pendidikan Agama Islam dibawa pada hari-hari tertentu atau sesuai jadwal, yaitu pada hari Rabu dan Jum’at. Pada hari tersebut siswa harus membawa buku pelajarannya agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Untuk penerapan metode dalam buku ajar ialah menggunakan metode umum yaitu metode ceramah dan Tanya jawab. Faktor pendukung dan penghambat ialah tergantung pada diri sendiri dan lingkungan karena keduanya sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:56
Last Modified: 11 Dec 2023 04:56
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4661

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item