Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pelajaran Fiqih Materi Puasa Ramadhan Kelas III di MI Nurur Rahmah Batujaran Sumenep

Shalehah, Dianatus (2022) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pelajaran Fiqih Materi Puasa Ramadhan Kelas III di MI Nurur Rahmah Batujaran Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_Cover_PGMI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_Halaman_Persetujuan_PGMI (3).pdf

Download (70kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_Halaman_Pengesahan_PGMI (2).pdf

Download (84kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_Abstrack_PGMI..pdf

Download (251kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_Daftar_Isi_PGMI..pdf

Download (162kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_BAB_1_PGMI..pdf

Download (410kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_BAB_2_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_BAB_3_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_BAB_4_PGMI..pdf

Download (621kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_BAB_5_PGMI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_Daftar_Pustaka_PGMI..pdf

Download (356kB)
[img] Text
Dianatus_Shalehah_18381052017_Keaslian_Tulisan_PGMI (1).pdf

Download (80kB)

Abstract

Kata Kunci: Pelajaran Fiqih, Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Penelitian ini dilakukan karena melihat proses belajar mengajar yang cenderung bersifat pasif dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu siswa juga semakin kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga dapat menimbulkansuasana yang kurang aktif dalam proses belajar mengajar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian yang menjadi kajian pokok dalam pembahasan penelitian ini yaitu; pertama, untuk mengetahui seberapa jauh metode pembelajaran tersebut dibutuhkan (urgen) dalam penyampaian pelajaran fikih materi puasa ramadhan bagi kelas III MI Nurur rahmah; kedua, untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan apa yang ditemukan pada penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing setelah di terapakan pada siswa kelas III MI Nurur Rahmah; ketiga, untuk mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan pada penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi kendala yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yakni metode yang tidak dapat diukur atau dijelaskan dengan angka-angka, melainkan metode yang dihasilkan berupa narasi yang tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Proses penelitian yang dilakukan salah satunya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada pelajaran fikih materi puasa ramadhan kelas III di MI Nurur Rahmah Batujaran Sumenep sangat penting (urgen) agar siswa tidak jenuh dan sebagai sebuah cara menarik minat belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa; kedua, model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing memiliki sebuah kelebihan yaitu siswa dapat lebih mudah memahami serta mengerti secara mendalam tentang materi pelajaran yang dipelajari. Namun juga memiliki kekurangan yaitu pada aspek kondusifitas yang kurang terkontrol dan pada akhirnya membuat kelas menjadi terlalu gaduh; ketiga kendalan yang ditemukan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing yaitu beberapa siswa tidak ikut berperan aktif dan pertanyaan yang tidak sesuai dengan materi yang sedang dibahas. Untuk mengatasi hal tersebut, guru semaksimal mungkin mengarahkan siswa agar bekerjasama dengan baik dan melakukan penataan meja kelas dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:55
Last Modified: 11 Dec 2023 04:55
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4673

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item