Romdani, Cony Elok Safitri (2022) Penerapan Metode Academic Constructive Controversy pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X MA Darul Akhlaq Toronan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_COVER_TBIN.pdf Download (248kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_LEMBAR PERSETUJUAN_TBIN.pdf Download (396kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_LEMBAR PENGESAHAN_TBIN.pdf Download (511kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_ABSTRAK_TBIN.pdf Download (186kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_DAFTAR ISI_TBIN.pdf Download (290kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_BAB I_TBIN.pdf Download (336kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_BAB II_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_BAB III_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_BAB IV_TBIN.pdf Download (832kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_BAB V_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_DAFTAR RUJUKAN_TBIN.pdf Download (308kB) |
|
Text
Cony Elok Safitri Romdani_19381072024_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN_TBIN.pdf Download (632kB) |
Abstract
Kata Kunci :Metode Academic Constructive Controversy, Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul dari menurunnya tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Menurunnya tingkat partisipasi siswa akan mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa. Salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai penunjang untuk menimalisir permasalahan tersebut adalah dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan kreatif terhadap kurikulum pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan metode pembelajaran guna menjawab permasalahan yang terjadi akibat menurunnya partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Fokus penelitian yang dirumuskan oleh peneliti yaitu bagaimana perencanaan dalam penerapan metode academic constructive controversy pada siswa kelas X MA Darul Akhlaq Toronan Pamekasan ? Kedua, bagaimana pelaksanaan dalam penerapan metode academic constructive controversy pada siswa kelas X MA Darul Akhlaq Toronan Pamekasan ? Ketiga, bagaimana hasil evaluasi dalam penerapan metode academic constructive controversy pada siswa kelas X MA Darul Akhlaq Toronan Pamekasan ? Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan jenis kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sumber datanya yakni, Kepala Sekolah, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X MA Darul Akhlaq. Sedangkan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, guru merencanakan pembelajaran dengan mempersiapkan RPP, materi pembelajaran dan topik pembahasan yang akan dijadikan sebagai media dalam penerapan metode academic constructive controversy. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan tahapan-tahapan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan metode academic constructive controversy meliputi menugaskan siswa untuk berkelompok, masing-masing empat siswa dan membentuk pasangan dua orang dengan posisi pro dan kontra, siswa berdiskusi dengan kelompoknya yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi umum yang melibatkan semua kelompok yang telah terbentuk, kemudian guru menugaskan siswa untuk menulis teks eksposisi sesuai dengan hasil diskusi umum yang telah dilaksanakan. Ketiga, hasil evaluasi dalam penerapan metode academic constructive controversy menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga memperoleh hasil ketuntasan minimal 90% hal ini dibuktikan oleh hasil rekap nilai siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Imam Ghozali |
Date Deposited: | 11 Dec 2023 04:36 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 04:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4735 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |