Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 2 Larangan

Ad-Dhahil, Abd. Maghni (2022) Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Pembelajaran IPS Kelas VIII Di SMPN 2 Larangan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Abd.Maghni Ad-Dhahil_18381081003_Cover_TIPS.pdf

Download (22kB)
[img] Text
Abd. Maghni Ad-Dhahil_18381081003_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Abd.Maghni Ad-Dhahil_18381081003_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Abd.Maghni Ad-Dhahil_18381081003_Abstrak_TIPS.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Abd. Maghni Ad-Dhahil_18381081003_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Abd.Maghni Ad-Dhahil_18381081003_BAB I_TIPS.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Abd. Maghni Ad-Dhahil_18381081003_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
Abd. Maghni Ad-Dhahil_18381081003_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
Abd. Maghni Ad-Dhahil_18381081003_BAB IV_TIPS.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Abd. Maghni Ad-Dhahil_18381081003_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
Abd. Maghni Ad-Dhahil_18381081003_DAFTAR PUSTAKA_TIPS.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Abd. Maghni Ad-Dhahil _ 18381081003 _ Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi_TIPS. pdf.pdf

Download (256kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Direct Instruction, Mata Pelajaran IPS Perkembangan pendidikan saat ini sangatlah revolutif, hal demikian terbukti dengan pergantian kurikulum yang berlaku. Hal ini juga merupakan tantangan bagi guru sebagai pengelola pembelajaran didalam kelas. Model pembelajaran direct instruction ini menjadi pilihan utama dalam penerapan model pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dalam implementasinya ditemukan kendala-kendala serta solusi. Sehingga dalam penelitian ini diangkat dua fokus penelitian, yaitu; (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran direct instruction terhadap hasil pembelajaran siswa. (2) Apa yang menjadi kendala dan bagaimana solusi guru IPS dalam mengimplementasi model pembelajaran direct instruction. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, sumber data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun fokus peneliti pada saat observasi antara lain; implementasi model pembelajaran direct instruction, langkah-langkah guru dalam implementasi model mpembelajaran direct instruction. Adapun data-data diperoleh dari berbagai sumber data, seperti hasil wawancara dengan informan, baik berstatus guru atau murid. Pengecekan keabsahan data, menggunakan perpanjangan pengamatan, serta ketekunan pengamatan dan triangulasi. Untuk analisis data menggunakan tiga tekhnik, yaitu cheking data, organizing(pengelompokan), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa di SMPN 2 Larangan diterapkan model pembelajaran direct instruction. Dalam penerapannya guru memadukan dengan metode pembelajaran, seperti; metode ceramah, dengan metode ini siswa lebih cepat dalam memahami penjelasan guru. Kemudian ada metode diskusi, dengan metode ini, secara tidak langsung guru mengajarkan tentang kerjasama, mampu menyelaraskan pemahaman antar satu dengan yang lainnya. Selain itu ada metode proble solving, guru mengajarkan siswa dalam memecahkan permasalahan-permasalahan sosial yang dihadapi, dan sikap kemandirian siswa akan mudah terbangun. Kemudian, dalam penerapan model pembelajaran direct instruction ini, ada beberapa kendala. Antara lain; kendala yang ada pada siswa serta kendala yang ada pada guru. Kendala pada siswa adalah perbedaan tingkat IQ siswa sehingga proses memahami materi membutuhkan waktu yang cukup lama. Kemudian kendala yang ada pada guru, antara lain; (1) guru harus memahami materi secara detail. (2) guru harus kreatif dalam pemilihan metode pembelajaran, dengan pertimbangan metode tersebut harus sesuai dengan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 11 Dec 2023 04:45
Last Modified: 11 Dec 2023 04:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4786

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item