Hidayatullah, Wahyu (2022) Upaya Guru IPS Dalam Menunjang Pemahaman Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas VII A SMPN 1 Galis. Diploma thesis, INSTITIUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 COVER TIPS.pdf Download (72kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 HALAMAN PERSETUJUAN TIPS.pdf Download (219kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 HALAMAN PENGESAHAN TIPS.pdf Download (235kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 ABSTRAK TIPS..pdf Download (11kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 DAFTAR ISI TIPS.pdf Download (45kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 BAB 1 TIPS.pdf Download (529kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 BAB II TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 BAB III TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 BAB IV TIPS.pdf Download (402kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 BAB V TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 DAFAR RUJUKAN TIPS.pdf Download (405kB) |
|
Text
WAHYU HIDAYATULLAH 18381081078 KEASLIAN KARYA TIPS.pdf Download (244kB) |
Abstract
Kata Kunci: Upaya Guru, Pemahaman Siswa, Pendekatan Saintifik Sudah semestinya bahwa guru melakukan upaya semaksimal mungkin agar pembelajarannya dengan mudah dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, pembelajaran pada kurikulum 2013 hadir dengan menggunakan pendekatan saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Karena dalam proses pendekatan saintifik diajarkan agar peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan hasil temuan dari siswa. Kemudian pendekatan saintifik ini lebih mengarah pada model pendidikan humanis, Karena posisi siswa pada pendekatan ini menjadi pusat belajar bukan sebagai objek pembelajaran. dengan demikian karakter, skil, serta, kognisi siswa dapat berkembang secara lebih optimal. Sehingga siswa dapat lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang sedang dipelajarinya. Fokus penelitian pada yang diangkat pada penelitian ini yaitu terdapat beberapa hal. Pertama, bagaimana upaya guru IPS dalam menunjang pemahaman siswa memalui pendekatan saitifik di kelas VII A SMPN 1 Galis. Kedua, apa saja faktor penghambat dari upaya guru dalam menunjang pemahaman siswa melalui pendekatan saintfik di kelas VII A SMPN 1 Galis. Ketiga, bagaimana solusi dari hambatan yang dihadapi guru dalam pemahaman pendekatan saintifik ini. Kemudian penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dimana penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi, pemahaman serta gambaran mengenai isi dan kualitas isi yang terjadi pada sasaran atau objek. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: upaya yang dilakukan oleh guru IPS ketika pembelajaran yaitu dengan kreatifitas guru dalam memilih dan menggukanan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang sedang dipelajarinya agar siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik. Akan tetapi dalam upaya guru dalam menjuang pemahaman siswa tersebut terdapat hambatan yang dihadapi guru, yaitu sulitnya siswa dalam memahami materi pembelajaran yang sedang dipelajari oleh siswa seperti kejenuhan belajar yang terjadi pada siswa. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menemukan solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi hambatan tersebut yaitu dengan meningkatkan kreatifitas guru dalam memilih metode dan media pembelajaran, sehingga materi pembelajaran yang sedang dipelajari dapat siswa pahami dengan baik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 04:22 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 04:22 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/4808 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |