Penerapan Bimbingan Dan Konseling Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMAN 5 Pamekasan

Tabrani Makki, Achmad Rizki (2023) Penerapan Bimbingan Dan Konseling Dalam Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di SMAN 5 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (127kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (106kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (138kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[img] Text
SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (116kB)

Abstract

Kata Kunci: Penerapan Bimbingan dan Konseling, Kedisiplinan. Adanya perilaku tidak disiplin yang dilakukan oleh sebagian siswa di SMAN 5 Pamekasan, seperti datang terlambat, berpakaian tidak sesuai aturan, dan merokok di toilet, kurangnya kerapian diri, serta terlambat mengumpulkan tugas, membuat sekolah perlu melakukan peningkatan kedisiplinan siswa agar lebih menyadari pentingnya kedisiplinan. Maka dari itu diperlukan tindak solusi serta evaluasi sebagai jalan keluar terselesaikannya masalah tersebut, salah satunya dengan bantuan program bimbingan dan konseling di sekolah. Dari latar belakang tersebut, penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini yang meliputi: 1. Bagaimana kedisplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan? 2. Bagaimana penerapan layanan bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan? 3. Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan layanan bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan? Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui kedisiplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan; 2. Untuk mengetahui bimbingan konseling yang diterapkan dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan; 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan layanan bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti pengumpul data yang diperlukan di SMAN 5 Pamekasan. Sumber data yang digunakan berupa data primer (Guru BK) dan data sekunder (siswa yang melakukan tindak displin). Prosedur pengumpulan data terdiri dari proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data melewati tahapan pengecekan dan pengelompokan. Sementara untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini berdasarkan fokus penelitian sebagai berikut: 1. Kedisiplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan sudah cukup baik ; 2. layanan bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan ini bervariasi dari layanan dasar dengan menyebarkan angket AKPD kepada siswa kelas X dan XI, selanjutnya penerapan bimbingan klasikal, yakni mengundang siswa per jenjang/kelas keruang aula/ruang bk menggunakan metode ceramah, apabila sudah urgent maka dilaksanakan layanan responsif konseling individual; 3. Dalam penerapan layanan bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa di SMAN 5 Pamekasan ini terdapat faktor pendukung dan penghambat meliputi faktor keluarga, faktor diri sendiri, dan faktor lingkungan serta teman sebaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:00
Last Modified: 26 Jun 2024 05:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5746

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item