Problematika Pembelajaran Kitab Al-Jurumiyyah Bagi Santri Putri di Pondok Pesantren Nurul Haramain Kasengan Manding Sumenep

Aliyah, Himmatul (2023) Problematika Pembelajaran Kitab Al-Jurumiyyah Bagi Santri Putri di Pondok Pesantren Nurul Haramain Kasengan Manding Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_COVER_PAI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_LEMBAR PERSETUJUAN_PAI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_LEMBAR PENGESAHAN_PAI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_ABSTRAK_PAI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_DAFTAR ISI_PAI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_BAB 1_PAI.pdf

Download (438kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_BAB 2_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_BAB 3_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_BAB 4_PAI.pdf

Download (575kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_BAB 5_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf

Download (407kB)
[img] Text
HIMMATUL ALIYAH_19381012189_LEMBAR KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf

Download (35kB)

Abstract

Kata Kunci: Problematika Pembelajaran, Kitab Al-Jurumiyyah, Pondok Pesantren Pembelajaran di dalam Pondok pesantren tentunya sangat berkaitan dengan pembelajaran ilmu nahwu. Akan tetapi di dalam Pondok pesantren tentunya latar belakang santri berbeda-beda seperti yang belum pernah belajar ilmu nahwu, keahlian dalam bidang nahwu, dan rasa minat santri terhadap ilmu nahwu, dimana hal tersebut bisa menjadi sebuah problematika dalam pembelajaran ilmu nahwu. Berdasarkan hal tersebut, maka dalam skripsi ini terdapat dua fokus masalah yang akan menjadi kajian pokok, yaitu pertama, apa problematika pelaksanaan pembelajaran kitab Al-Jurumiyyah di Pondok pesantren putri Nurul Haramain Kasengan Manding Sumenep. Kedua, Apa saja faktor penghambat pembelajaran kitab Al-Jurumiyyah di Pondok pesantren putri Nurul Haramain Kasengan Manding Sumenep. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan yang pertama, Problematika pembelajaran kitab Al-Jurumiyyah bagi santri putri di Pondok Pesantren Nurul Haramain melihat dari aspek fisiologis dan psikologis santri diantaranya adalah Santri sering tidur pada saat kajian berlangsung, Santri sering izin pada saat kajian berlangsung, Santri kurang memiliki keahlian di bidang ilmu Nahwu, Santri kurang mahir menulis arab, Santri merasa bosan dengan ustadz, dan Slow learner. Dan yang kedua, terdapat beberapa faktor penghambat pembelajaran kitab Al-Jurumiyyah di antaranya ada faktor internal, faktor eksternal, faktor pendkatan belajar. Yang pertama adalah faktor Internal dimana terdapat dua aspek yaitu aspek fisiologis dan aspek psikologis. Aspek Fisiologis; (Kecapean/kelelahan, minimnya waktu istirahat), dan aspek Psikologis; (Kurang semangat dalam pembelajaran nahwu, kurangnya rasa minat terhadap ilmu nahwu, kurang terampil dalam penulisan arab, rasa malas yang tinggi). Yang kedua ada faktor Eksternal terdapat dua macam yaitu, Lingkungan Sosial; (Pengaruh teman), Lingkungan nonsosial; (Tempat belajar menggunakan mushollah). Yang terakhir terdapat Faktor Pendekatan Belajar; (Metode pembelajaran yang digunakan membosankan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:49
Last Modified: 10 Jul 2024 04:49
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5936

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item