Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai Dalam Seni Bela Diri Pencak Silat Pagar Nusa Di Pondok Pesantren AlFudhola’ Pamekasan

Zulkiflih, Mohammad (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai Dalam Seni Bela Diri Pencak Silat Pagar Nusa Di Pondok Pesantren AlFudhola’ Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Sampul skripsi kifli.pdf

Download (333kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING KIFLI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN KIFLI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI KIFLI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I skipsi kifli New.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II skripsi kifli New.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III skripsi kifli New.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV skripsi kifli New.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V skripsi kifli New.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi kifli New.pdf

Download (408kB)
[img] Text
KEASLIAN TULISAN KIFLI.pdf

Download (70kB)

Abstract

Kata Kunci : Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, Pencak Silat Pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak seperti yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Pamekasan. Pesantren yang berada di Kecamatan Pademawu ini memberikan kesempatan kepada santrinya untuk mengembangkan kompetensinya. Salah satunya dalam seni bela diri pencak silat. Terdapat tiga fokus pada penelitian ini: 1. Bagaimana gambaran pelaksanaan Program seni bela diri Pagar Nusa di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Pamekasan? 2. Apa saja bentuk Nilai-nilai pendidikan karakter Tolerasi dan Cinta Damai dalam program seni bela diri pencak silat Pagar Nusa di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Pamekasan? 3. Bagaimana Implementasi Nilai-nilai pendidikan karakter Toleransi dan Cinta Damai dalam program seni bela diri pencak silat Pagar Nusa bagi santri di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Pamekasan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Pamekasan. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran pelaksanaan memiliki tiga tahapan kegiatan pelaksanaan yaitu: kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup. 2) Bentuk nilai-nilai pendidikan karakter toleransi yaitu, belajar dalam perbedaan, membangun saling percaya, memelihara saling pengertian, menjungjung tinggi saling menghargai. Kemudian Bentuk nilai-nilai pendidikan cinta damai yaitu, senyum, salam, sapa, sopan dan santun ketika bertemu dengan pelatih atau temannya ketika datang waktu latihan. Sedangkan 3) Implementsi dari nilai-nilai pendidikan karakter toleransi ialah sikap membolehkan atau membiarkan ketidak sepakatan dan tidak menolak pendapat, sikap, ataupun gaya hidup yang berbeda dengan pendapat, sikap, dan gaya hidup sendiri. Sedangkan Implementsi dari nilai-nilai pendidikan karakter cinta damai ialah pendidikan karakter cinta damai membentuk pribadi yang bermoral. Sehingga merosotnya moral yang dapat menyerang peserta didik sejak dini mampu untuk dicegah dan diatasi dengan pendidikan karakter cinta damai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:48
Last Modified: 10 Jul 2024 04:48
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/5962

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item