Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Konflik Siswa di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep

Sofarina, Milianti Siska (2023) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengelola Konflik Siswa di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_Cover_MPI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_Cover_MPI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_Lembar Persetujuan Pembimbing_MPI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_19381042079_Halaman Pengesahan_MPI_1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_Abstrak_MPI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_Daftar Isi_MPI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_BAB I_MPI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_BAB IV_MPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_BAB V_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_193810421079_Daftar Pustaka_MPI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
Milianti Siska Sofarina_19381042079_Surat Pernyataan Keaslian Karya dan Persetujuan Publikasi_MPI_1.pdf

Download (160kB)

Abstract

Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mengelola Konflik Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan memiliki tanggung jawab yang berat, dalam menghadapi segala permasalahan (konflik) yang terjadi. Kepala sekolah harus dapat mengelola konflik dengan baik untuk menciptakan dan memberikan kenyamanan bagi anggota sekolah. Dalam pengelolaan konflik tentunya kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan tersendiri, karena gaya kepemimpinan merupakan perilaku khas seorang kepala sekolah dalam mempengaruhi bawahannya. Dengan terselesainya konflik yang terjadi dapat meningkatkan mutu serta kualitas sekolah tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana penerapan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola konflik siswa di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep, dan yang kedua bagaimana hasil dari penyelesaian konflik siswa di SMA Raudlatul Ulum Kapedi Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, guru BP dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, bentuk konflik siswa yang sering terjadi adalah konflik intrapersonal, interpersonal dan intergroup. Kepala sekolah menggunakan jenis kepemimpinan yang demokratis, kemudian gaya kepemimpinan yang digunakan kepala sekolah ketika mengelola konflik adalah delegatif dan partisipatif. Delegatif yaitu kepala sekolah memberikan kepercayaan dan mendelegasikan guru ataupun staf sesuai bidangnya seperti BP dan kesiswaan pada saat pengambilan keputusan dan pengelolaan konflik. Partisipatif yaitu kepala sekolah mengutamakan kerja sama yang baik sekaligus mengharapkan hasil kerja yang baik pula, kepala sekolah melibatkan para guru dalam pembuatan keputusan dan bersedia membagi permasalahan yang terjadi dengan guru. Kedua, penyebab terjadinya konflik baik intrapersonal, interpersonal maupun intergroup disebabkan oleh faktor yang berbeda-beda, yakni faktor keluarga, kesalahpahaman dan perbedaan sifat maupun karakter. Dalam mengelola konflik dimulai dengan mengidentifikasi sebab akibat dari terjadinya konflik siswa, mengetahui status konflik dengan melakukan penilaian terhadap konflik dan yang terkhir adalah menyelesaikan konflik berdasarkan tingkatannya. Tingkatan konflik adalah konflik tingkat ringan, sedang hingga pada tingkat berat. Dengan adanya pengelolaan yang baik akan berdampak baik pula terhadap sekolah. Hasil dari pengelolaan konflik yang baik tersebut menjadikan siswa mengalami perubahan tingkah laku yang lebih baik dan mulai jarangnya siswa melakukan konflik berat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:32
Last Modified: 11 Jul 2024 02:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6028

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item