Pengembangan Soft Skill Siswa Melalui Metode Cooperative Learning Di SDN Kangenan 1 Pamekasan

Setiady, Moh. Jamaludin (2023) Pengembangan Soft Skill Siswa Melalui Metode Cooperative Learning Di SDN Kangenan 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-Sampul-MPI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
c. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-Halaman Persetujuan-MPI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
d. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-Halaman Pengesahan-MPI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
e. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-Abstrak-MPI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
f. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-Daftar Isi-MPI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
g. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-BAB I-MPI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
h. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
i. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
j. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-BAB IV-MPI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
k. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
l. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-Daftar Pustaka-MPI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
b. Moh Jamaludin Setiady-20160701040141-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf

Download (99kB)

Abstract

Kata Kunci: Soft Skill, Cooperative Learning, Siswa Soft skill pada dasarnya merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (interersonal skills) yang mampu mengembangkan unjuk kerja yang maksimal. Dan salah satu cara menumbuhkan sofl skill ini yakni melalui metode cooperative learning. Ada dua pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama Bagaimana Implementasi Metode Cooperative Learning Dalam menumbuhkan Soft Skill Siswa Di SDN Kangenan 1 Pamekasan, Kedua Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Dalam Pelaksanaan Menumbuhkan Soft Skill Siswa Melalui Metode Cooperative Learning Di SDN Kangenan 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan dan teknik triagulasi; sumber dan teknik. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru/wali kelas, dan siswa. Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan: pertama, Pelaksanaan pengembangan soft skill siswa melalui metode learning di SDN kangenan 1 Pamekasan, yaitu terbagi dalam 3 tahapan yaitu tahapan kegiatan awal yang meliputi tanya jawab pelajaran minggu lalu, menyampaikan inti dan kompetensi dasar pelajaran yang ingin dicapai, kedua tahapan inti yang meliputi membagi kelompok, memberi tugas, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil tugas, guru meluruskan jika siswa mengalami kesulitan dan ketiga tahapan penutup, dimana tahapan ini meliputi guru dan siswa mengambil kesimpulan terakhir, guru merintahkan hasil laporan diskusi diperbaiki dan dikumpukan, guru menutup kegiatan belajar mengajar. Kedua Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran guna menumbuhkan soff skill siswa di SDN Kangenan 1 Pamekasan, ialah siswa sudah saling mengenal sehingga tidak ada kesenjangan dalam berkelompok, penguasaan materi dan keterbukaan guru mampu mensukseskan model pembelajaran cooperative learning, sedangkan faktor penghambatnya ialah dari segi siswa, para siswa kurang terbiasa dengan penerapan Cooperative Learning sehingga membutuhkan waktu yang banyak untuk melatih siswa agar terbiasa, Sedangkan dari segi sarana dan prasarana sekolah, yaitu kurangnya persedian alat- alat yang mendukung terlaksnanya model pembejaran cooperative learning dengan baik, serta buku pedoman yang menunjang siswa terutama dalam penerapan Cooperative Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:32
Last Modified: 11 Jul 2024 02:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6034

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item