Penerapan Model Komunikasi Interaksional Pendidik dalam Pembelajaran Daring di MIS Nurul Ulum II Teja Barat

Rizal, Moh Syaifur (2022) Penerapan Model Komunikasi Interaksional Pendidik dalam Pembelajaran Daring di MIS Nurul Ulum II Teja Barat. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-Sampul-MPI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-Halaman Persetujuan-MPI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
MOH SYAIFUR RIZAL-20160701040133_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-Abstrak-MPI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-Daftar Isi-MPI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-BAB I-MPI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-BAB IV-MPI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-Daftar Pustaka-MPI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Moh Syaifur Rizal-20160701040133-Pernyataan Keaslian Tulisan-MPI.pdf

Download (50kB)

Abstract

Kata Kunci : Model Komunikasi Interaksional Pendidik dalam Pembelajaran Daring Dalam situasi dan kondisi pandemi, lembaga pendidikan dituntut untuk mengembangkan metode pembelajaran serta peningkatan profesionalisme guru untuk mengupayakan sistem pembelajaran tetap berjalan optimal namun tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk melaksanakan pebelajaran daring. Di sisi lain pembelajaran daring cenderung monoton dan tidak interaktif apabila menggunakan pola pembelajaran satu arah, oleh karena itu MIS Nurul Ulum II Teja Barat menerapkan komunikasi interaksional pendidik sebagai alternatif terbaik dalam membangun pola komunikasi dalam pembelajaran yang menarik dan interaktif meskipun melalui pembelajaran daring. Ada dua focus yang menjadi kajian dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana pelaksanaan model komunikasi interaksional untuk pembelajaran daring di MIS Nurul Ulum II Teja Barat. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring di MIS Nurul Ulum II Teja Barat? Penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini menganalisis model komunikasi interaksional di MIS Nurul Ulum II Teja Barat melalui metode deskriptif serta pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi di MIS Nurul Ulum II Teja Barat. Melalui metode penelitian tersebut didapatkan hasil penelitian yakni, pertama, Pelaksanaan model komunikasi interaksional berbasis daring di MIS Nurul Ulum II Teja Barat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alatnya untuk memperluas kemahiran, meningkatkan efisiensi dan efektivitas, tanggung jawab, dan kenyamanan belajar. Kedua, faktor pendukung model kominkasi ini adalah kesiapan guru, sarana dan prasarana dan HP sebagai media komunikasi dan faktor penghambat berupa keterbatasan kuota/jaringan, kesulitan mengontrol siswa sedangkan bagi siswa akses internet dan terbatasnya fasilitas gadget. Namun terlepas dari faktor tersebut, model komunikasi ini efektif untuk dikembangkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dan sistem pembelajaran berlangsung dengan baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:32
Last Modified: 11 Jul 2024 02:32
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6036

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item