Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga Scramble di Kelas V SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan Tahun 2020

Ainon, Vitasari (2020) Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa dengan Menggunakan Alat Peraga Scramble di Kelas V SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan Tahun 2020. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_Cover_PGMI.pdf

Download (250kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_Abstrak_PGMI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_Daftar_Isi_PGMI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_BAB I_PGMI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_BAB IV_PGMI.pdf

Download (902kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_20160701050006_Daftar_Pustaka_PGMI (2).pdf

Download (300kB)
[img] Text
Ainon Vitasari_ 20160701050006_ Surat_Pernyataan Keaslian_Karya_dan_Persetujuan Publikasi _PGMI.pdf

Download (381kB)

Abstract

Kata kunci : Keterampilan Berbahasa, Alat Peraga Scramble Keterampilan berbahasa merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang dalam berkomunikasi. Sehingga, keterampilan berbahasa perlu untuk diajarkan sejak dini pada anak sekolah dasar. Namun masih banyak pendidik yang belum tau cara meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didiknya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu penerapan alat peraga scramble dalam meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, hasil penerapan alat peraga scramble, faktor penukung dan penghambat dalam penerapan alat peraga ini. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif yang memaparkan terjadinya sebab-akibat dari tindakan, sekaligus memaparkan seluruh proses sejak awal pemberian tindakan sampai dengan dampak dari tindakan yang sudah dilakukan. Penggunaan alat peraga scramble dalam meningkatkan keterampilan berbahasa sangat cocok jika diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning. Selain itu, alat peraga scramble yang dikemas dalam bentuk yang inovatif dan menarik akan menambah minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan alat peraga ini dalam meningkatkan keterampilan berbahasa cukup berhasil dan sudah terbukti validitas peningkatannya. Pada pra siklus keterampilan menyimpulkan dan keberanian mendapatkan persentase 77,14 dan 71,42. Itu berarti ada 27 siswa memiliki keterampilan menyimak dan 25 siswa memiliki keberanian untuk tampil dari 35 siswa. Untuk keterampilan berbicara, mencapai 12 siswa atau 34,28% dari 35 siswa. Pada perbaikan Siklus I, ketuntasan siswa untuk keterampilan menyimak sebanyak 31 siswa atau 88,57% dari 35 siswa, sedangkan untuk keberanian tampil terdapat 28 siswa yang dikategorikan berani tampil dengan persentase 80%. Untuk keterampilan berbicara, peneliti menemukan 16 siswa dengan persentase 45,71 dari 35 siswa. Pada siklus II, keterampilan menyimak, dan keberanian untuk tampil mencapai 100% yaitu sebanyak 35 siswa. Sedangkan untuk keterampilan berbicara terdapa 27 siswa yang sudah memiliki keterampilan berbicara meski masih dalam kategori lumayan. Jika dipersentasekan yaitu 77,14%. Faktor pendukung dalam penerapan alat peraga scramble yaitu dapat menghemat pengeluaran pengajar dan dapat dibuat dengan mudah sesuai materi yang akan diajarkan kepada siswa, alat peraga yang dimodifikasi menambah semangat belajar siswa. Untuk faktor penghambat, alat peraga ini membutuhkan banyak waktu dan butuh berpikir keras untuk mengkonsep pembelajaran menyenangkan yang menggunakan laat peraga ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:18
Last Modified: 18 Jul 2024 01:45
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/610

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item