Strategi Pengawasan Orang Tua Terhadap Kebiasaan Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Batuan Sumenep

Qodri, Almy Laily (2024) Strategi Pengawasan Orang Tua Terhadap Kebiasaan Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Batuan Sumenep. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381052043_SAMPUL.pdf

Download (205kB)
[img] Text
20381052043_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (126kB)
[img] Text
20381052043_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
20381052043_DAFTAR ISI.pdf

Download (462kB)
[img] Text
20381052043_BABI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
20381052043_BABII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
20381052043_BABIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
20381052043_BABIV.pdf

Download (503kB)
[img] Text
20381052043_BABV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
20381052043_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (428kB)
[img] Text
20381052043_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (155kB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pengawasan, Kebiasaan Bermain Game Online Bermain game online berjam-jam tanpa batas waktu bisa menjadi tanda seseorang kecanduan game online. Kecanduan dapat terbentuk berawal dari sebuah kebiasaan. Berdasarkan hal ini perlunya peran orang tua selaku orang terdekat untuk mengawasi kegiatan anak. Maka fokus permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini. Pertama, apa yang menjadi faktor penyebab terhadap kebiasaan bermain game online pada anak sekolah dasar SDN Batuan I di Desa Batuan Sumenep. Kedua, bagaimana strategi pengawasan orang tua terhadap kebiasaan bermain game online yang dilakukan oleh anak sekolah dasar SDN Batuan I di Desa Batuan Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Perolehan data melalui teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data meliputi orang tua dari siswa kelas 5 dan 6 SDN Batuan I dengan jumlah 8 orang yang memiliki kebiasaan bermain game online. Uji keabsahan data melalui tahap triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dalam penelitian ini memaparkan pertama, faktor penyebab kebiasaan bermain game online pada anak sekolah dasar yakni rasa bosan yang dimiliki anak, lingkungan sekitar dipengaruhi oleh interaksi antar teman sejawat yang memiliki kebiasaan bermain game online, kurangnya kebersamaan dengan orang tua, serta mudahnya akses internet di lingkungan sekitar, anak yang cenderung aktif dalam mempelajari hal baru, mudah mempelajari hal-hal yang bersumber dari internet dimana generasi anak zaman sekarang mampu mencari informasi secara cepat berkat adanya dukungan internet, serta faktor harapan orang tua yang cenderung mendaftarkan anaknya pada kegiatan seperti kursus atau les. Kedua, strategi pengawasan orang tua terhadap anaknya dalam mengawasi kegiatan bermain game online agar tidak berdampak negatif pada diri anak maupun aktifitas pembelajarannya disekolah yakni dengan memberikan pembatasan waktu bermain sampai jam 9 malam setelah menyelesaikan tugastugas dan PR, menasehati secara perlahan dari waktu ke waktu, memberi teguran, hukuman, mengurangi uang saku, mengalihkan dengan kegiatan keagamaan, menerapkan strategi tidak mau mendengar kemauan anak ketika anak melakukan kesalahan ataupun tidak mengikuti perintah orang tua, menerapkan sistem pengecekan aplikasi yang digunakan didalam gadget guna mengawasi anak serta menghindari anak menggunakan fitur-fitur yang tidak sesuai dengan umurnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:40
Last Modified: 10 Jul 2024 04:40
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6134

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item