Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz pada Mata Pelajaran IPA Materi Wujud Zat dan Penggunaannya di Kelas IV SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan

Wardah, Isnaini Zahratul (2023) Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz pada Mata Pelajaran IPA Materi Wujud Zat dan Penggunaannya di Kelas IV SDN Polagan 3 Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_1COVER_PGMI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_2HALAMAN PERSETUJUAN_PGMI.pdf

Download (9kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_3HALAMAN PENGESAHAN_PGMI.pdf

Download (27kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_5DAFTAR ISI_PGMI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_7BAB1_PGMI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_8BAB2_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_9BAB3_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_10BAB4_PGMI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_11BAB5_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_12DAFTAR PUSTAKA_PGMI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
ISNAINI ZAHRATUL WARDAH_19381052088_14SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISANN_PGMI.pdf

Download (11kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Team Quiz, IPA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV, untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV, untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan model pembelajaran Team Quiz pada mata pelajaran IPA materi wujud zat dan perubahannya di kelas IV SDN Polagan 3 Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Cara untuk memeperoleh data penelitian yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran IPA kelas IV dan siswa kelas IV. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah; Pertama, langkah-langkah penggunaan model pembelajaran Team Quiz a) guru menjelaskan materi terkait dengan model pembelaran Team Quiz, b) guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, c) guru meminta siswa untuk membuat pertanyaan serta jawabannya, d) kuis dimulai dari kelompok A untuk memulai memberikan pertanyaan ke kelompok B dan C. Setelah kelompok A dilanjutkan dengan kelompok B untuk memberikan pertanyaan ke kelompok A dan C. Setelah kelompok B dilanjutkan dengan kelompok C untuk memberikan pertanyaan ke kelompok A dan B. Kelompok yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapatkan skor. Dan kelompok yang mendapatkan skor tertinggi itulah yang menjadi pemenangnya. Kedua; respon yang diberikan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Team Quiz yaitu suka karena dapat memberikan pertanyaan kepada teman yang akan menjadi saingannya, ada beberapa yang kurang menyukai karena masih perlu membaca buku terlebih dahulu. Ketiga; kelebihan model pembelajaran Team Quiz membuat siswa menjadi lebih aktif, berani dan bertanggung jawab terhadap sesuatu. Kelemahannya yaitu memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga memungkinkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 10 Jul 2024 02:02
Last Modified: 10 Jul 2024 02:02
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6151

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item