Penerapan Etnosains dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV di MI As-sunni Erpes Pasanggar Pegantenan Pamekasan

Nabila, Nabila (2023) Penerapan Etnosains dalam Pembelajaran IPAS Kelas IV di MI As-sunni Erpes Pasanggar Pegantenan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
NABILA_20381052067_COVER_PGMI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
NABILA_20381052067_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_PGMI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
NABILA_20381952067_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
NABILA_20381052067_Abstrak_PGMI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Nabila_20381052067_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Nabila_20381052067_BAB 1_PGMI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Nabila_20381052067_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
Nabila_20381052067_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
Nabila_20381052067_BAB IV_PGMI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Nabila_20381052067_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
Nabila_20381052067_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
NABILA_20381052067_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_dan_Persetujuan_Publikasi_PGMI.pdf

Download (183kB)

Abstract

Kata Kunci: Etnosains, Pembelajaran IPAS Derasnya arus globalisasi saat ini telah menurunkan nilai budaya Indonesia di tanah air. Hal ini berujung pada terhapusnya nilai-nilai tradisional dan kearifan lokal. Untuk meningkatkan kelangsungan budaya dan kearifan lokal, hendaknya siswa menanamkan kecintaan terhadap budaya dan kearifan lokal dengan mengintegrasikan pengetahuan budaya ke dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya materi pendidikan baru yang memadukan budaya dan ilmu pengetahuan atau bisa disebut etnosains. Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi bahasan pokok sebagai berikut: pertama, Bagaimana rancangan dan implementasi penerapan etnosains dalam pembelajaran IPAS kelas IV di MI As-sunni Erpes Pasanggar Pegantenan Pamekasan?, Kedua, Apa saja respons dan persepsi siswa kelas IV di MI As-Sunni Erpes Pasanggar Pegantenan Pamekasan terhadap pembelajaran IPAS yang mengintegrasikan konsep etnosains?, ketiga, Apa dampak dari pembelajaran berbasis etnosains pada pemahaman dan apresiasi siswa kelas IV di MI As-Sunni Erpes Pasanggar Pegantenan Pamekasan terhadap kebudayaan lokal dalam konteks IPAS? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah MI As-sunni, guru kelas IV dan Siswa kelas IV. Pengecekan keabsaan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama: penerapan etnosains dalam pembelajaran IPAS di MI As-sunni ini kepala sekolah dan guru merancang dengan cara mengintegrasikan pengetahuan ilmiah dengan budaya lokal yang ada di sekitar sekolah. Setiap guru sebelum melakukan pembelajaran biasanya membuat perencanaan dengan cara mempelajari materi dan membuat modul ajar terlebih dahulu. Kemudian guru mengimplementasikan penerapan etnosains ini dengan mengajak siswa untuk mengaitkan budaya lokal (sholawat banjari) yang ada dengan materi IPAS. Kedua: respon dan persepsi dalam pembelajaran ini siswa lebih antusias dan bersemangat dalam proses pembelajaran, siswa lebih aktif berpartisipasi dan mampu memberikan contoh dari budaya dan tradisi mereka sendiri terkait dengan materi yang mereka pelajari, seperti penggunaan alat musik tradisional. banyak perkembangan dan peningkatan dalam keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Ketiga: Penerapan etnosains ini berdampak positif terhadap siswa di MI As-sunni, dimana penerapan etnosains telah meningkatkan apresiasi siswa terhadap kekayaan budaya lokal di sekitarnya, siswa dapat menghargai keunikan budaya lokal, sehingga mereka lebih peduli dalam melestarikan budaya yang ada dan dapat menghargai budaya lokalnya sendiri dengan cara mempelajarinya, agar budaya lokal yang ada tidak hilang dan juga siswa dapat berinteraksi dengan teman-teman sebaya untuk membangun hubungan sosial yang kuat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:11
Last Modified: 09 Jul 2024 02:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6172

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item