Strategi Guru Kelas Dalam Menangani Bullying di Sekolah MI Nurul Hidayah Desa Omben Sampang

Lathifah, Nurul (2023) Strategi Guru Kelas Dalam Menangani Bullying di Sekolah MI Nurul Hidayah Desa Omben Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381052072_SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
20381052072_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
20381052072_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (42kB)
[img] Text
20381052072_ABSTRAK skripsi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
20381052072_DAFTAR ISI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
20381052072_BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
20381052072_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
20381052072_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
20381052072_BAB IV.pdf

Download (310kB)
[img] Text
20381052072_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
20381052072_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
20381052072_PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (287kB)

Abstract

Kata kunci: Strategi, Bullying Tidak hanya sebagai tempat belajar, sekolah juga menjadi salah satu tempat yang sangat berpengaruh dalam proses pengembangan karakter dan moral seorang siswa. Salah satu sikap yang menjadi sorotan di dunia pendidikan adalah maraknya kasus bullying yang terjadi di sekolah-sekolah dasar. Sama hal nya yang terjadi di sekolah MI Nurul Hidayah Desa Omben Sampang, terdapat beberapa siswa yang diduga terlibat dalam tindakan bullying terhadap temannya. Perilaku bullying merupakan sebuah tindakan menyakiti seseorang secara sadar dan disengaja pada pihak yang dianggap lebih lemah atau tidak memiliki keberdayaan untuk melawan. Yang mana hal ini dapat dilakukan oleh seseorang ataupun sekelompok orang. Macam-macam bully pun beragam, mulai dengan bully verbal (memaki, mengejek, meneriaki, dll), bully fisik (memukul, mencubit, menendang, mendorong, menjegal, mencekik, dll) hingga non-verbal (memfitnah, mendiamkan, mengucilkan, dll). Selain itu hal yang tidak kalah penting adalah dampak yang diakibatkan oleh perilaku bullying. Berdasarkan hal tersebut, diperoleh tiga fokus permasalahan yang akan menjadi kajian dalam penelitian ini. Pertama, apa saja faktor penyebab yang menjadikan siswa di sekolah MI Nurul Hidayah Omben Sampang melakukan tindak bullying. Kedua, apa saja dampak yang diakibatkan oleh perilaku bullying pada siswa di sekolah MI Nurul Hidayah. Ketiga, bagaimana strategi yang digunakan oleh guru kelas dalam mengatasi perilaku bullying di sekolah MI Nurul Hidayah Omben Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data seperti, wawancara, observasi dan dokumenatasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, dan siswa yang terlibat dalam perilaku bullying. Uji keabsahan data melalui tahap perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil pada penelitian ini memaparkan faktor penyebab siswa sering melakukan tindakan bullying dikarenakan kurangnya rasa empati dalam diri anak, menjadikan korban sebagai tempat pelampiasan kemarahan, kekesalan maupun kekecewaan, kurangnya pengetahuan tentang bully, dan keluarga yang bersifat abusif. Adapun dampak yang dihasilkan adalah korban mengalami trauma, menangis, tidak mau bersekolah, enggan berinteraksi dengan pelaku dan mengganggu pada proses pembelajaran sang korban. Sehingga strategi yang digunakan oleh guru kelas dalam menangani hal ini, seperti memberikan nasehat pada siswa, menegur apabila kedapatan melihat secara langsung, memberikan hukuman yang sesuai agar siswa jera. Apabila dirasa sudah terlewat batas maka guru akan berkomunikasi dengan orangtua, dan hal terakhir yang digunakan oleh pihak sekolah adalah memberikan skors atau diberhentikan jika sangat fatal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:11
Last Modified: 09 Jul 2024 02:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6179

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item