Penanaman Nilai Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah dan Tadarus Bersama di SDN Teja Barat 3 Pamekasan

Rohmah, Nuzulur (2023) Penanaman Nilai Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah dan Tadarus Bersama di SDN Teja Barat 3 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_Cover_PGMI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_Halaman Persetujuan_PGMI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_Halaman Pengesahan_PGMI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_Abstrak_PGMI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_BAB I_PGMI.pdf

Download (333kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_Bab II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_BAB IV_PGMI.pdf

Download (457kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
Nuzulur Rohmah_19381052022_Pernyataan Keaslian Tulisan_PGMI.pdf

Download (210kB)

Abstract

Kata kunci: Penanaman Nilai Karakter Religius, Shalat Dhuha, Tadarus Bersama. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh penanaman nilai karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus bersama yang diterapkan di lembaga. Penanaman melalui pembiasaan dapat dipilih karena sangat efsisen menanamkan nilai-nilai religius serta kegiatan ibadah Sunnah sedari dini kepada peserta didik. Sehingga diharapkan dengan pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus bersama yang dilaksanakan dapat menanmkan nilai-nilai karakter religius kepada siswa. Berdasarkan konteks penelitian, terdapat 3 fokus yang digunakan yaitu; Pertama Bagaimana pelaksanaan penanaman nilai karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus bersama di SDN Teja Barat 3 Pamekasan? Kedua Bagaimana hasil dari pelaksanaan penanaman nilai karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus bersama di SDN Teja Barat 3 Pamekasan? Ketiga Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penanaman nilai karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus bersama di SDN Teja Barat 3 Pamekasan. Penelitian ini dilakukan di SDN Teja Barat 3 Pamekasan dengan menggunkan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun jenisnya menggunkan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalaui metode wawancara, observaso, dan dokumentasi. Dalam menganalis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pelaksanaan penanaman nilai karakter religius melalui pembiasaan shalat dhuha dilaksanakan setiap hari mulai pukul 06.50-07.15, dan untuk tempat pelaksanaannya di musholla serta ruang kelas. Strategi yang digunakan adalah melakukan kegiatan rutin, menyampaikan nilai agama diluar materi dan diluar jam pembelajaran. metode yang digunkan adalah metode penanaman dengan pembiasaan, penanaman dengan keteladanan, penanaman dengan hukuman. Dalam pelaksanaannya juga ada absensi kehadiran siswa dalam kegiatan serta hukuman bagi yang terlambat atau tidak mengikuti. Kedua, hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mulai ada karakter religius yang ditampakkan dan dipraktekkan siswa dalam kehidupan sehari-hari seperti; tanggungjawab, syukur, disiplin, dll. Ketiga, Faktor pendukung dalam pelaksanaan penanaman nilai karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat dhuha berjamaah dan tadarus bersama adalah kesepakatan dewan guru, dukungan wali murid, dan melihat fadilah shalat dhuha serta tujuan tadarus. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya kemandirian siswa yang mash harus menunggu ajakan teman dan perintah guru untuk mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:11
Last Modified: 09 Jul 2024 02:11
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6181

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item