Pemeliharaan Sarana Belajar di SDN Candi Burung 2 Pamekasan

Annisa, Yulia Dwi (2023) Pemeliharaan Sarana Belajar di SDN Candi Burung 2 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Cover_Mpi.pdf

Download (21kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_HalamanPersetujuan_Mpi.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Pengesahan_Mpi.pdf

Download (771kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Abstrak_Mpi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Daftar Isi_Mpi.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Bab I_Mpi.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Bab II_Mpi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Bab III_Mpi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Bab IV_Mpi.pdf

Download (463kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Bab V_Mpi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
Yulia Dwi A_20381042048_Daftar Pustaka_Mpi.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Yuliw Dwi A_20381042048_Pernyataan keaslian_Mpi.pdf

Download (878kB)

Abstract

Kata Kunci : Pemeliharaan, Sarana, Belajar. Pemeliharaan sarana belajar merupakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka proses pembelajaran dengan menggunakan media belajar untuk menunjang proses belajar, sehingga pembelajaran mampu berjalan dengan baik. Di SDN Candi Burung 2 Pamekasan pemeliharaan Sarana Belajar harus dilakukan untuk memudahkan siswa dalam belajar, juga agar sarana bisa terawat dan digunakan sebagaimana yang di perlukan dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama bagaimana proses pemeliharaan sarana belajar di SDN Candi Burung 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan teknik pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dikelompokkan menjadi empat yaitu kepala sekolah, guru, siswa dan operator Sekolah juga berperan dalam sarana prasarana di SDN Candi Burung 2 Pamekasan. Sedangkan analisis data sebelum dan sesudah di lapangan dengan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan dan ketekunan pengamatan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemeliharaan sarana belajar dilakukan oleh guru dan siswa dalam perawatan sarana yang ada didalam kelas. faktor pendukung pemeliharaan sarana belajar yaitu pelaksanaan sarana didalam proses pembelajaran dan faktor penghambat pemeliharaan sarana belajar yaitu guru kurang paham menyambungkan laptop ke proyektornya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pemeliharaan sarana belajar yaitu harus direncanakan terlebih dahulu dan dilaksanakan dengan perawatan terhadap peralatan yang ada di dalam Kelas, dengan upaya dilakukan untuk membantu siswa dan guru dalam mempermudah proses pembelajaran dengan menggunakan sarana yang sudah disediakan. Adapun faktor pendukung dari pemeliharaan sarana belajar yang sudah menunjang yaitu dengan adanya peralatan yang berbasis ( IT ) seperti proyektor, kit kerangka, gelobe, buku, mik sound system dan gambar atlas. Adapun faktor penghambat dari pemeliharaan sarana belajar yaitu dari tempat penyimpanan peralatan masih tidak mempunyai tempat yang khsusus dan guru masih ada kendala saat menggunakan media yang berbasis(IT)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:00
Last Modified: 11 Jul 2024 03:00
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/6206

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item