Mustofa, Mustofa (2020) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII A di SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Mustofa_20160701080073_Cover_TIPS.pdf Download (15kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_IPS.pdf Download (66kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf Download (216kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Abstrak_TIPS.pdf Download (268kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Daftar_Isi_TIPS.pdf Download (272kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Bab I_TIPS.pdf Download (553kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Bab II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Bab III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Bab IV_TIPS.pdf Download (559kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Bab V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Daftar_Pustaka_TIPS.pdf Download (294kB) |
|
Text
Mustofa_20160701080073_Surat Pernyataan_Keaslian_Tulisan_TIPS.pdf Download (85kB) |
Abstract
Masalah yang terjadi di kelas IPS VIII A di SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang, prestasi belajar yang dicapai oleh siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran di kelas masih cenderung fokus pada guru (teacher – centered) yang mengakibatkan kejenuhan pada siswa, informasi yang diterima oleh siswa menjadi lebih sedikit dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan pola pikirnya. Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang melalui penerapan model Learning Cycle 5E. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkattkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Learning Cycle 5E pada mata pelajaran IPS kelas VIII A SMPS Islam Darul Ulum II Al-Wahidiyah Gersempal Omben Sampang. Untuk mencapai tujuan diatas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) sedangkan tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan test. Untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Untuk uji keabsahan data penulis menggunakan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian mcnunjukkan bahwa model Learning Cycle 5E pada mata pelajaran IPS dengan materi Keunggulan dan keterbatasan wilayah dalam kegiatan ekonomi bisa meningkatkan hasil belajar siswa khususnya siswa kelas VIII A. Bukti secara kuantitatif dapat diketahui dari hasil penelitian diperoleh nilai belajar siswa pada saat pretest 34,13, pada siklus I 69,43 dengan presentasi ketuntasan 60,87% dan siklus II 82,82 dengan presentasi ketuntasan 100%. hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada setiap tahapnya terjadi peningkatan. Dari ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Learning Cycle 5E bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A di SMPS Islam Darul Ulum II Al Wahidiyah Gersempal Omben Sampang..
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71E ?? ?? m71Q ?? ?? m_071 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 01:42 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 01:42 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/627 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |