Upaya Guru Menggunakan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Panglegur 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura

Indah, Sari (2020) Upaya Guru Menggunakan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Panglegur 3 Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
a) Indah Sari_20160701050035_Cover_PGMI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
c) Indah Sari_20160701050035_Lembar Persetujuan_PGMI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
d) Indah Sari_20160701050035_Lembar Pengesahan_PGMI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
e) Indah Sari_20160701050035_Abstrak_PGMI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
f) Indah Sari_20160701050035_Daftar Isi_PGMI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
g) Indah Sari_20160701050035_BAB I_PGMI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
h) Indah Sari_20160701050035_BAB II_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
i) Indah Sari_20160701050035_BAB III_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
j) Indah Sari_20160701050035_BAB IV_PGMI.pdf

Download (379kB)
[img] Text
k) Indah Sari_20160701050035_BAB V_PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
l) Indah Sari_20160701050035_Daftar Pustaka_PGMI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
b) Indah Sari_20160701050035_Surat Pernyataan Keaslian_PGMI.pdf

Download (12kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik Integratif, Motivasi Belajar Siswa Pembelajaran tematik integratif digunakan di SDN Panglegur 3 terutama pada kelas V yang mana pembelajaran ini memadukan beberapa mata pelajaran yang kemudian berada dalam satu tema sehingga siswa dapat belajar secara menyeluruh, bermakna dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Pada kelas V ini, siswa masih kurang aktif dan merasa cepat bosan dalam pembelajaran. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi atau dorongan kepada siswa sehingga siswa kurang tertarik dalam mengikuti pelajaran dan kurangnya keaktifan siswa sehingga dapat berpengaruh pada pengetahuan siswa. Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana upaya guru menggunakan pembelajaran tematik integratif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Panglegur 3 Pamekasan; kedua, Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru menggunakan pembelajaran tematik integratif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Panglegur 3 Pamekasan; ketiga, Bagaimana hasil upaya guru menggunakan pembelajaran tematik integratif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V di SDN Panglegur 3 Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model siklus Kemmis dan Mc. Taggart yang memiliki empat komponen, antara lain: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Panglegur 3 dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi serta catatan lapangan. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Keberhasilan ini ditandai dengan adanya perbaikan dalam proses pembelajaran. Indikator keberhasilan dalam tindakan penelitian ini adalah peningkatan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan motivasi atau dorongan dalam pembelajaran tematik integratif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SDN Panglegur 3, tahun ajaran 2019/2020. Kondisi awal motivasi belajar siswa sebelum dilakukan penelitiaan memiliki motivasi belajar klasikal sebanyak 47% dengan kategori kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan pada siklus I yakni dengan hasil observasi, diketahui hasil analisis terjadi peningkatan motivasi belajar siswa menjadi 58% dengan kategori baik. Karena hasil penelitian pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan, maka peneliti melanjutkan penelitian pada siklu II. Setelah dilakukannya tindakan siklus II, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat baik. Perbandingan dari siklus I dengan hasil pencapaian 58% dalam kategori baik. Sedangkan hasil penelitian siklus II yakni 82% dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa hasilnya sudah mencapai indikator keberhasilan. Maka penelitian ini dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:55
Last Modified: 18 Jul 2024 01:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/640

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item