Rijal, Syaiful (2020) Pengaruh Game Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
a) Syaiful Rijal_ 20160701080099_Cover_TIPS.pdf Download (159kB) |
|
Text
c) Syaiful Rijal_ 20160701080099_Lembar_Persetujuan_Pembimbing_TIPS.pdf Download (21kB) |
|
Text
d) Syaiful Rijal_ 20160701080099_Lembar_Pengesahan_TIPS.pdf Download (49kB) |
|
Text
e) Syaiful Rijal_ 20160701080099_ABSTRAK_TIPS.pdf Download (80kB) |
|
Text
f) Syaiful Rijal_ 20160701080099_DAFTAR_ISI_TIPS.pdf Download (99kB) |
|
Text
g) Syaiful Rijal_ 20160701080099_BAB I_TIPS.pdf Download (166kB) |
|
Text
h) Syaiful Rijal_ 20160701080099_BAB II_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
i) Syaiful Rijal_ 20160701080099_BAB III_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
j) Syaiful Rijal_ 20160701080099_BAB IV_TIPS.pdf Download (348kB) |
|
Text
k) Syaiful Rijal_ 20160701080099_BAB V_TIPS.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
|
Text
l) Syaiful Rijal_ 20160701080099_DAFTAR_PUSTAKA_TIPS.pdf Download (92kB) |
|
Text
b) Syaiful Rijal_ 20160701080099_Surat_Pernyataan_Keaslian_Karya_TIPS.pdf Download (35kB) |
Abstract
Di era globalisai seperti sekarang ini kemajuan teknologi dan komunikasi sangat pesat dan mempengaruhi segala bidang, salah satunya di bidang hiburan yang berupa game online. Game online adalah jenis permain yang bersifat virtual dan hanya bisa dimainkan jika dalam kondisi online atau tersambung dengan internet. Kemunculan game online ini menarik para kalangan remaja khususnya siswa-siswi yang masih sekolah sehingga dikhawatirkan berpengaruh negatif terhadap hasil belajar siswa di sekolah terutama pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua permasalahan yang akan diteliti, yaitu pertama, adakah pengaruh Game Online terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh Game Online terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh melalui angket dan dokumentasi untuk nilai rapor. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang dibuat oleh peneliti. Jadi, yang menjadi sampel dalam penelitian yaitu siswa-siswi kelas VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan yang bermain game online. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang bersifat positif dari bermain Game Online terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan. Hal tersebut di buktikan dengan hasil “r” tabel yang di konsultasikan dengan harga kritik product moment, yaitu N = 66 dan interval kepercayaan 5% = 0,224 dan taraf interval 1% = 0,317, dengan demikian harga “r” kerja 0,9439 lebih besar dibandingkan dengan harga “r” tabel kritik product moment dan yang kedua terbukti dari hasil konsultasi harga “r” kerja dengan interpretasi korelsi product moment, dengan interpretasi tinggi. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rapor siswa yang berada di atas KKM, yaitu 72 keatas dan bahkan minimal 5 orang yang masuk 10 besar di setiap kelas adalah siswa yang aktif atau sering bermain game online. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) yang peneliti ajukan yang berbunyi “ada pengaruh Game Online terhadap Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Larangan Pamekasan diterima dengan interpretasi tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71G ?? ?? m_071 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 08:12 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 08:12 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/682 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |