Syukur, Syukur (2020) Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran IPS Berbasis Karakter di SMP Darus Salam Bukek Tlanakan Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
1 SAMPUL - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (111kB) |
|
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (256kB) |
|
Text
3 HALAMAN PENGESAHAN _ SYUKUR 20160701080102.pdf Download (78kB) |
|
Text
4 ABSTRAK - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (73kB) |
|
Text
5 KATA PENGANTAR - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (73kB) |
|
Text
6 DAFTAR ISI - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (72kB) |
|
Text
7 BAB I - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (145kB) |
|
Text
8 BAB II - SYUKUR 20160701080102.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
9 BAB III - SYUKUR 20160701080102.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
10 BAB IV - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (214kB) |
|
Text
11 BAB V - SYUKUR 20160701080102.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (91kB) |
|
Text
13 PERNYATAAN KEASLIAN _ SYUKUR 20160701080102.pdf Download (75kB) |
|
Text
15 RIWAYAT HIDUP - SYUKUR 20160701080102.pdf Download (98kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran IPS berbasis karakter, dalam hal ini guru memiliki kemampuan baik dalam perencanaan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP Darus Salam Bukek Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan sehingga siswa di SMP Darus Salam memiliki karakter yang baik meskipun tidak seluruhnya. Dalam penelitian ini terdapat dua fokus kajian pokok. Pertama, bagaimana kemampuan guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran IPS berbasis karakter di SMP Darus Salam Bukek Tlanakan Pamekasan ? kedua, apa saja kendala guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran IPS berbasis karakter di SMP Darus Salam Bukek Tlanakan Pamekasan? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, sedangkan yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru IPS, kepala sekolah, siswa. Sumber data yang di peroleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk memperkuat hasil temuan, dilakukan cek keabsahan data yang telah di dapat dan diolah serta dianalisis secara non statistic melalui teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama kemampuan guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP Darus Salam Tlanakan Pamekasan dalam hal ini guru IPS di SMP Darus Salam sudah dikategorikan baik dalam hal perencanaannnya hal ini ditandai dengan karakter siswa yang menjadi baik dari sebelumnya. Kedua, kendala guru IPS dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis karakter di SMP Darus Salam Tlanakan Pamekasan. Dalam hal ini kendala guru dikarenakan latar belakang siswa yang berbeda, selain itu, kurang keterampilan guru dalam menemukan media yang tepat dalam pembelajaran berbasis karakter.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m71B ?? ?? m71E ?? ?? m71F ?? ?? m_071 ?? ?? m_196 ?? |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mrs. Fatimah Aria Utami |
Date Deposited: | 04 Feb 2021 07:30 |
Last Modified: | 04 Feb 2021 07:30 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/700 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |