Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di MTs Tarbiyatus Shibyan Larangan Badung

Hakiki, Ahmad (2024) Upaya Guru IPS Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di MTs Tarbiyatus Shibyan Larangan Badung. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_COVER_TIPS.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_HALAMAN PERSETUJUAN_TIPS.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_HALAMAN PENGESAHAN_TIPS.pdf

Download (211kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_ABSTRAK_TIPS.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_DAFTAR ISI_TIPS.pdf

Download (134kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_BAB I_TIPS.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_BAB II_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_BAB III_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_BAB IV_TIPS.pdf

Download (260kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_BAB V_TIPS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_20381081060_DAFTAR PUSTAKA_TIPS.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Ahmad Hakiki_28381081060_KEASLIAN TULISAN_TIPS.pdf

Download (223kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Discovery Learning , Minat Belajar Siswa Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah guru masih menggunakan metode ceramah dan buku paket saja. Sehingga menyebabkan minat belajar siswa kelas VII rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Dimana dalam penerapan model pembelajaran ini, dapat meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini: Untuk mengetahui Upaya Guru IPS dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di MTs Tarbiyatus Shibyan Larangan Badung dan Untuk mengetahui minat belajar siswa dapat meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi IPS kelas VII MTs Tarbiyatus Shibyan Larangan Badung. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus (6x pertemuan) yang terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan datanya: Observasi, angket, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Pada siklus 1 hasil analisis observasi guru yaitu 2,9 kategori cukup baik, hasil observasi siswa 43% (Cukup baik) sedan gkan hasil angket minat belajar pada siklus 1 mencapai rata-rata 43% (Cukup baik). Pada siklus 2 hasil analisis observasi guru: 3,6 (Baik), hasil observasi siswa mencapai 75% (Baik) sedan gkan hasil angket minat belajar pada siklus 2 mencapai rata-rata 69% (Baik). Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII pada materi IPS di MTs Tarbiyatus Shibyan Sumber Papan Larangan Badung Pamekasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 05 Nov 2024 01:50
Last Modified: 05 Nov 2024 01:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7450

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item