Yakin, Ainul (2024) Peran Parenting Dalam Mewujudkan Karakter Mandiri Usia Remaja di SMP Al- Mujtama' Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
Ainul Yakin_20381091095_Cover_BKPI_092216.pdf Download (51kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Lembar Persetujuan_BKPI_092214.pdf Download (83kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Lembar Pengesahan_BKPI_092212.pdf Download (173kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Abstrak_BKPI_092150.pdf Download (285kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Daftar Isi_BKPI_092210.pdf Download (170kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Bab 1_BKPI_092207.pdf Download (206kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Bab 2_BKPI_092205.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Bab 3_BKPI_092202.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Bab 4_BKPI_092157.pdf Download (378kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Bab 5_BKPI_092156-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Daftar Pustaka_BKPI_092154.pdf Download (155kB) |
|
Text
Ainul Yakin_20381091095_Pernyataan Keaslian Tulisan_BKPI_092146.pdf Download (200kB) |
Abstract
Kata kunci : Parenting, Karakter, Remaja Kajian dalam skripsi ini memuat tentang sebuah penerapan pola asuh atau Parenting, dimana pola asuh ini banyak dilakukan oleh orang tua yang menginkan anaknya bisa lebih meningkatkan kualitas belajar terutama karakter untuk membentuk kemandirian di sekolah tempat anaknya belajar, SMP Al-Mujtama’ yang juga sebagai lokasi penelitian yang di lakukan oleh peneliti dalam menyusun skripsi ini, mengingat pentingnya pemahaman dari parenting itu sendiri, yang diharapkan menjadi langkah yang baik untuk siswa dalam memompa semangat belajarnya. Berdasarkan hal tersebut ada dua fokus penelitian yang di bahas Pertama, peran dari penerapan pola asuh atau parenting dalam mewujudkan karakter kemandirian siswa di SMP Al-Mujtama’ Pamekasan, Kedua faktor penghambat dan faktor pendungkung dari penerapan pola asuh parenting di lokasi penelitian yang dimaksud. Penelitian ini secara pendekatan menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif berdasarkan pada studi kasus (Study Case) yang terjadi dilapangan, kemudian peneliti menggunakan data primer dan data sekunder, dan juga untuk pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian pengecekan keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian yang ini menunjukkan bahwa penerapan pola asuh atau parenting menjadi sebuah jalan keluar yang solutif bagi siswa yang belajar untuk melatih diri agar mampu mengemban sebuah akselerasi yang terjadi di lingkungan yang berbeda, dengan itu karakter yang terbentuk akan cendrung stabil dan berkelanjutan sesuai dengan fase yang dilaluinya. Adapun faktor pendukung di dalamnya meliputi aspek spiritual dari aktualisasi nilai-nilai kepesantrenan, pengawasan penuh pihak sekolah, interaksi yang kuat, dan faktor penghambatnya adalah sikap yang kurang baikdari siswa, terjadi penekanan moral dan pengaruh kuat lingkungan pertemanan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 02:56 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 02:56 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7656 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |