Arifin, Dwi Wahyu Nur (2024) Manajemen Pembinaan Peserta Didik Dalam Mencetak Siswa Berprestasi Di SMPN 1 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
18381041037_SAMPUL.pdf Download (198kB) |
|
Text
18381041037_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (891kB) |
|
Text
18381041037_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (172kB) |
|
Text
18381041037_ABSTRAK.pdf Download (149kB) |
|
Text
18381041037_DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
18381041037_BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
18381041037_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) |
|
Text
18381041037_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
18381041037_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
18381041037_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
18381041037_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (295kB) |
|
Text
18381041037_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (165kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Pembinaan Peserta Didik, Prestasi Siswa Manajemen sampai saat ini masih menjadi hal terpenting didalam suatu organisasi, tak terkecuali di lembaga pendidikan. Manajemen merupakan suatu segi yang perlu mendapat perhatian dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui rangkaian kegiatan ketatalaksanaan penggunaan sumber daya dengan menggunakan orang-orang pelaksana melalui hubungan antar individu atau kelompok untuk mencapai sasaran atau tujuan pokok yang telah ditetapkan oleh organisasi. Dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, pembinaan merupakan faktor yang tidak kalah penting dalam lembaga pendidikan, karena pembinaan dilakukan agar program yang sudah dirancang kepala sekolah dan guru dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Dengan demikian, terdapat tiga permasalahan yang menjadi dasar pokok dalam penelitian ini, yakni: pertama bagaimana perencanaan pembinaan peserta didik dalam mencetak siswa berprestasi di SMPN 1 Pamekasan, kedua bagaimana pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam mencetak siswa berprestasi di SMPN 1 Pamekasan, ketiga bagaimana evaluasi pembinaan peserta didik dalam mencetak siswa berprestasi di SMPN 1 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun Informannya adalah kepala sekolah, waka kesiswaan, sebagian guru, dan sebagian siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilaksanakan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi. Berdasarkan penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pertama perencanaan pembinaan peserta didik dalam mencetak siswa berprestasi di SMPN 1 Pamekasan adalah dengan melaksanakan rapat tahun ajaran baru untuk membahas tentang program-program pendidikan yang akan ditempuh satu tahun kedepan dan juga membahas tentang penerimaan peserta didik, dimana seleksi tersebut terbagi 3 jalur, yang pertama jalur zona, yang kedua jalur prestasi dan yang ketiga jalur afirmasi. Adapun seleksi dari jalur prestasi SMPN 1 Pamekasan mengadakan lomba OMEGA. Lomba tersebut meliputi mata pelajaran matematika, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris. Kedua pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam mencetak siswa berprestasi di SMPN 1 Pamekasan yakni dengan melaksanakan program-program yang sudah dirancang dengan baik saat tahun ajaran baru, dan pembinanya tidak hanya pembinaan dari dalam sekolah, akan tetapi pembinanya juga dari luar sekolah. Ketiga evaluasi pembinaan peserta didik dalam mencetak siswa berprestasi di SMPN 1 Pamekasan yaitu dengan melakukan evaluasi dan tindak lanjut baik dari kesiswaan dan dari guru pembina itu sendiri kepada siswa yang ikut pembinaan atau bimbingan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 02:26 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 02:26 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7663 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |