Maulidiyah, Nurul (2024) Implementasi Pengajian Rutin dalam Meningkatkan Nilai Religius Guru dan Tenaga Kependidikan di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381042039_COVER.pdf Download (199kB) |
|
Text
20381042039_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (25kB) |
|
Text
20381042039_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (45kB) |
|
Text
20381042039_ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text
20381042039_DAFTAR ISI.pdf Download (168kB) |
|
Text
20381042039_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (549kB) |
|
Text
20381042039_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
|
Text
20381042039_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
|
Text
20381042039_BAB IV PAPARAN DATA DAN PEMBAHASAN.pdf Download (706kB) |
|
Text
20381042039_BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
Text
20381042039_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
|
Text
20381042039_SURAT KEASLIAN TULISAN.pdf Download (60kB) |
Abstract
Kata Kunci: Pengajian Rutin, Nilai Religius Kinerja Tenaga Kependidikan Kegiatan pengajian rutin ini diadakan setiap bulan sekali dan diikuti oleh guru dari SMP hingga SMK, dengan lokasi bergantian dari rumah ke rumah, dimulai dari rumah guru SMP hingga SMK. Tujuan dari pengajian ini adalah untuk meningkatkan nilai keagamaan guru dan mempererat hubungan antar tenaga pendidik di kedua jenjang pendidikan tersebut. Dalam pengajian rutin, terdapat sesi ceramah yang disampaikan oleh para penceramah atau kyai yang berafiliasi dengan yayasan tersebut, sehingga menjadi suatu kehormatan bagi para guru. Program ini bertujuan agar nilai-nilai spiritual dapat meresap dalam hati para guru dan karyawan. Berdasarakan paparan diatas, maka ada dua fokus permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan pengajian rutin dalam meningkatkan nilai religius guru dan tenaga kependidikan di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Pamekasan. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pengajian rutin dalam meningkatkan nilai religius guru dan tenaga kependidikan di SMK Al-Faqih Sumber Nyamplong Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Respon positif diterima dari guru dan karyawan terhadap program ini. Bahkan mereka yang tidak berlatar belakang keagamaan belajar mengenai agama melalui program ini dengan mempelajari Hadis yang sahih/mutawatir serta melalui sesi tanya jawab dan diskusi antar peserta pengajian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pengajian rutin dilaksanakan satu bulan sekali dengan lokasi secara bergantian dari rumah guru ke rumah guru lainnya secara bergantian dan memberikan nilai-nilai spiritual yang menyerap dalam hati para guru dan tenaga kependidikan, berjalan efektif, lancar, dan penuh hikmah. Dalam pengajian rutin terdapat sesi ceramah dengan topik berbeda disetiap pertemuan dan disampaikan oleh Pengasuh yayasan. Program ini menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman agama Islam (nilai religius) dan menjalin silaturahim di antara Guru SMP dan SMK. 2) Faktor penghambat dan pendukung di antaranya antusiasme guru dan tenaga kependidikan dalam berpartisipasi kegiatan pengajian rutin, dukungan penuh dari kepala sekolah dan dewan guru, dan ketersediaan pemateri yang berkompeten dan berpengalaman dalam menyampaikan materi keagamaan yang inspiratif. Namun, program ini juga dihadapkan pada faktor penghambat seperti keterbatasan waktu, beban kerja yang padat, dan keterbatasan transportasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 06:51 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7695 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |