Manajemen Pendidikan Karakter peserta didik di MTsN 04 Pamekasan

Basiruddin, Basiruddin (2024) Manajemen Pendidikan Karakter peserta didik di MTsN 04 Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381041155-Basiruddin-Sampul-MPI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-Halaman persetuju.pdf

Download (191kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-Halaman pengesaha.pdf

Download (307kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-Abstrak-MPI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-Daftar isi-MPI.pdf

Download (825kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-BAB I-MPI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-BAB II-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-BAB III-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-BAB IV-MPI.pdf

Download (428kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-BAB V-MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-DAFTAR RUJUKAN-MPI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
19381041155-Basiruddin-Surat keaslian-MP.pdf

Download (374kB)

Abstract

Kata kunci: Manajemen Pendidikan karakter, Peserta Didi Penelitian ini memiliki dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan manajemen iendidikan karakter peserta didik di MTsN 04 Pamekasan Kedua,. Apa iendid pendukung penerapan manajemen iendidikan karakter peserta didik Di MTsN 04 Pamekasan. Peneliian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, Sebagian guru, Siswa Kelas X sampai dengan kelas XII. Penelitian ini berjudul “ Manajemen Pendidikan Karakter Peserta Didik” dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Penerapan manajemen iendidikan karakter peserta didik di MTsN 04 Pamekasan dilakukan beberapa tahap, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pada proses perencanaan dilakukan oleh kepala sekolah MTsN 04 Pamekasan langsung dengan membuat konsep awal manajemen pendidikan karakter dan dirapatkan dengan semua guru untuk menetapkan pendidikan karakter yang akan dijalankan. Pada tahap pengorganisasian dilakukan dengan cara memetakan semua guru menjadi beberapa bagian. Tahap pelaksanaan dilakukan oleh semua guru yang berupa penjelasan�penjelasan pendidikan karakter kepada siswa, pemberian contoh yang baik dari semua guru, dan pengadaan bacaan-bacaan iendidikan karakter di ding-ding sekolah/madrasah. Pada tahap terakhir, pengawasan dilakukan langsung oleh kepala sekolah, bagian ubudiyah yang sudah dibentuk sebelumnya, dan juga guru�guru yang lain, dan setelah itu dibicarakan untuk evaluasi pendidikan karakter peserta didik yang sudah terlaksana. Faktor pendukung penerapan manajemen pendidikan karakter peserta didik di MTsN 04 Pamekasan berupa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung dari internal yaitu guru-guru di MTsN 04 Pamekasan sangat baik dalam memberikan contoh yang baik kepada siswa terutama dalam pendidikan karakter. Sedangkan faktor pendukung dari eksternal sendiri yaitu dari lingkungan MTsN 04 Pamekasan. MTsN 04 Pamekasan berada di lingkungan pondok pesantren

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 09 Dec 2024 06:51
Last Modified: 09 Dec 2024 06:51
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7697

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item