Wahyudik, Dedi (2024) Analisis Pembelajaran Seni Budaya untuk Menanamkan Sikap Mencintai Tradisi Dan Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN Seddur II Pakong Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
Text
20381051047_SAMPUL.pdf Download (93kB) |
|
Text
20381051047_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text
20381051047_HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
20381051047_ABSTRAK.pdf Download (9kB) |
|
Text
20381051047_DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
Text
20381051047_BAB I.pdf Download (147kB) |
|
Text
20381051047_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
20381051047_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
20381051047_BAB IV.pdf Download (121kB) |
|
Text
20381051047_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
20381051047_DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (23kB) |
|
Text
20381051047_PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (236kB) |
Abstract
Kata kunci : Seni Budaya, Tradisi Indonesia, Pembelajaran, pelestarian budaya Tujuan utama dari penelitian ini adalah menganalisis cara guru menanamkan sikap mencintai tradisi dan budaya Indonesia pada siswa kelas IV SDN Seddur II Pamekasan untuk melestarikan tradisi dan budaya yang hampir hilang ditelan zaman. Analisis ini bertujuan agar siswa dapat mempelajari berbagai tradisi dan budaya di Indonesia, mengenali tradisi dan budaya mereka sendiri, serta tradisi dan budaya daerah lain yang mungkin belum mereka ketahui. Dengan demikian, pelestarian tradisi dan budaya lokal atau daerah lain sangat diperlukan agar tradisi dan budaya di Indonesia tidak hilang dan dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya. Penelitian ini mengkaji tiga aspek utama: perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran seni budaya dalam menanamkan sikap mencintai tradisi dan budaya Indonesia pada siswa kelas IV SDN Seddur II Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, dan siswa kelas IV SDN Seddur II Pamekasan. Validitas data diperiksa melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber serta metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyiapkan modul dan buku ajar, serta menyesuaikan perangkat pembelajaran dengan budaya Indonesia. Guru mengembangkan sikap positif terhadap kebudayaan dan mengajak siswa mengidentifikasi dan memahami tradisi budaya yang ada di Indonesia. Beragam materi pembelajaran dipilih untuk mencakup aspek tradisi dan budaya Indonesia, seperti tari, alat musik tradisional, dan lagu-lagu daerah Metode yang digunakan termasuk metode pengalaman dan metode kolaboratif, memungkinkan siswa terlibat langsung dalam praktik seni, kunjungan ke tempat bersejarah, dan penelitian kelompok. Pengembangan penelitian ini berfokus pada pembentukan karakter siswa melalaui pembelajaran seni budaya, penelitian ini bisa mencakup studi tentang karakter cinta tradisi dan budaya Indonesia. Evaluasi pembelajaran mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Siswa dinilai melalui tes tertulis, praktik seni, dan observasi sikap terhadap budaya karya siswa seperti lukisan, partisipasi dalam pertunjukan seni, dan kegiatan gotong royong, yang menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati. Siswa menunjukkan pemahaman yang baik tentang tradisi dan budaya Indonesia, serta mengembangkan sikap positif dalam melestarikan dan mencintai budaya lokal dan nasional
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 02:20 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 02:20 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7748 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |