Sya'roni, Ach. (2022) Peran Pesantren Dalam Mengembangkan Literasi Digital Santri di Forum Lingkar Pena (FLP) Darul Ulum Banyuanyar. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_COVER_PAI.pdf Download (305kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_PERSETUJUAN PEMBIMBING_PAI.pdf Download (209kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_PENGESAHAN DEWAN PENGUJI_PAI.pdf Download (513kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (300kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_ABSTRAK_PAI.pdf Download (107kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_BAB I_PAI.pdf Download (349kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_BAB II_PAI.pdf Download (356kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_BAB III_PAI.pdf Download (318kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_BAB IV_PAI.pdf Download (407kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_BAB V_PAI.pdf Download (535kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_BAB VI_PAI.pdf Download (12kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (220kB) |
|
Text
ACH. SYA'RONI_20380011005_KEASLIAN TULISAN_PAI.pdf Download (264kB) |
Abstract
Katakunci: Peran Pesantren, Literasi Digital, Forum Lingkar Pena. Persoalan membaca dan menulis masih menjadi perhatian utama dalam pembahasan kualitas pengembangan masyarakat Indonesia. Di samping itu, teknologi digital sudah menyebar luas ke seluruh lapisan masyarakat. Akan tetapi sebagian besar masyarakat belum mampu menggunakan teknologi secara baik. Oleh karena itu, harus ada upaya yang dilakukan dalam mengembangkan minat membaca dan menulis masyarakat Indonesia. Seperti halnya FLP Darul Ulum Banyuanyar yang menerapkan gerakan literasi digital santri. Penelitian ini difokuskan pada tiga hal, yaitu apa saja kegiatan FLP Banyuanyar, apa saja bentuk literasi digital yang diterapkan, dan apa saja hambatan serta solusi dalam menerapkan literasi digital di FLP Banyuanyar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan metode purpoif sumpling sebagai pengambilan sumber data. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis data dokumentasi. Serta menggunakan tiga analisis data yaitu data reduksi, data display, dan verifikasi. Kemudian menggunakan triangulasi, analisis kasus negatif, dan perpanjangan penelitian sebagai pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan FLP Banyuanyar dibagi menjadi empat, kegiatan harian kelas menulis, kegiatan mingguan diskusi dan kajian, kegiatan bulanan menerbitkan buletin shadaqo dan majalah orion, kegiatan tahunan penerbitan antologi dan harlah. Literasi digital yang diterapkan ada dua yaitu menelusuri informasi via digital lalu kemudian menjadikannya sebagai bahan kajian, dan menulis karya lewat blog dan website. Kemudian hambatan yang dihadapi yaitu kegiatan pondok yang terlalu padat, sarana dan prasarana serta sistem pondok pesantren yang membatasi atau melarang santri menggunakan media digital. Kemudian solusi yang ditawarkan yaitu menggunakan fasilitator yang memiliki otoritas mengakses media digital untuk menelusuri informasi dan memuat karya ke blog FLP Banyuanyar dan website banyuanyar.net
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Qori` wahyudi |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 01:40 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 01:40 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7778 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |