Pendidikan Intelektual Perspektif Muhammad Quthb (Telaah Kitab Manhaj al-Tarbi>yyah al-Isla>miyyah

Hidayat, Qaashidul (2022) Pendidikan Intelektual Perspektif Muhammad Quthb (Telaah Kitab Manhaj al-Tarbi>yyah al-Isla>miyyah. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
COVER QASIDUL HIDAYAT (2).pdf

Download (656kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Pengesahan Penguji.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (306kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I TESIS QASIDUL HIDAYAT 2022 (3).pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB II TESIS QASIDUL HIDAYAT 2022 (1).pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB III TESIS QASIDUL HIDAYAT 2022 (1).pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV TESIS QASIDUL HIDAYAT 2022 (2).pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB V TESIS QASIDUL HIDAYAT 2022 (1).pdf

Download (489kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian.pdf

Download (133kB)

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan, Intelektual, Muhammad Quthb. Intelektual atau akal menjadi pembeda antara manusia dengan mahluk lainnya, Manusia bisa mulia dengan menggunakan intelektualnya dalam jalan yang di ridhai oleh Allah SWT., dalam pendidikan harus bersifat komprehensif yang menuntut manusia bisa didik dari berbagai aspek kehidupan. Peneliti menelaah sebuah kitab karya Muhammad Quthb yaitu kitab Kitab Manhaj alTarbi>yyah al-Isla>miyyah, dalam penelitian ini nantinya akan ditemukan tentang Pendidikan intelektual perspektif Muhammad Quthb dan corak pemikiran Muhammad Quthb terkait pendidikan Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana konsep pendidikan intelektual perspektif Muhammad Quthb dalam Kitab Manhaj al-Tarbi>yyah alIsla>miyyah?. 2). Bagaimana corak pemikiran Muhammad Quthb tentang pendidikan dalam Kitab Manhaj al-Tarbi>yyah al-Isla>miyyah?.Untuk menjawab permasalahan ini, penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), yaitu memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian dan membatasi kegiatan penelitian hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa riset lapangan. Data penelitian yang terkumpul dideskripsikan secara mendetail kemudian di analisis berdasarkan teori-teori pendidikan dengan menggunakan content analysis (analisis isi), selanjutnya di interpretasikan dalam sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Islam melakukan pembinaan tenaga intelektual dengan dua cara yaitu Pertama, menetapkan strategi yang tepat menurut penilai akal fikiran dengan menggunakan bimbingan dan latihan. Kedua, menyelidiki aturan-aturan alam dan mengkajinya dengan cermat dengan mengkaji aturan-aturan alam ini akan membentuk akal tersusun dengan cermat dan teratur. Kedua : Corak pemikiran Muhammad Quthb tentang pendidikan dalam Kitab Manhaj al-Tarbi>yyah al-Isla>miyyah yaitu bahwa dalam mengkaji tentang Pendidikan Intelektual itu lebih moderat artinya beliau sedikit longgar dalam pemikirannya, dalam mengambil refensi pendidikan itelektual tidak hanya fokus pada tradisi keilmuan Islam saja akan tetapi juga bisa menggunakan pandangan orang barat, karena antara keduanya adalah saling melengkapi satu sama lain, sehingga harus dipadukan agar terdapat keseimbangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:18
Last Modified: 09 Jan 2025 03:18
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7844

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item