Nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam Buku Teks Al-Quran Hadist tingkat Madrasah Ibtidaiyah

Azizah, Rofidain (2022) Nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam Buku Teks Al-Quran Hadist tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
cover depan.pdf

Download (216kB)
[img] Text
cover dua.pdf

Download (39kB)
[img] Text
pesetujuan pembimbing.pdf

Download (127kB)
[img] Text
pengesahan penguji.pdf

Download (178kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (374kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (319kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (297kB)
[img] Text
Rofidain Azizah-18380012071-BAB I.pdf

Download (694kB)
[img] Text
Rofidain Azizah-18380012071-BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Rofidain Azizah-18380012071-BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Rofidain Azizah-18380012071-BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Rofidain Azizah-18380012071-BAB V.pdf

Download (332kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (408kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (144kB)

Abstract

Kata kunci: Nilai, Pendidikan Islam Multikultural. Nilai Pendidikan Islam Multikultural tertanam dalam beberapa buku, baik itu buku materi perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya termasuk lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Ini menjadi acuan terhadap para pendidik dalam mendidik peserta didiknya. Dalam hal ini Buku teks Al-Quran Hadist diajarkan pada jenjang MI (Madrasah Ibtidaiyah) pada tiga kelas yaitu kelas 4 kelas 5 dan kelas 6. Yang menjadi salah satu ketertarikan peneliti dalam menelaah buku materi Al-quran Hadist salah satunya ada dalam buku teks Alquran Hadis kelas lima di halaman 7 dimana didalamnya ada pelajaran penting perihal pendidikan multikutural. Sehingga untuk lebih mengetahui apa saja nilai pendidikan Islam Multikultural yang terkandung dalam buku materi Al-Quran Hadist MI di Kelas empat, lima, dan enam, yang semuanya belum terungkap secara terperinci. Sangat perlu kiranya diakan pengkajian dan penelitian. Penelitian tesis ini memiliki dua fokus penelitian dalam hal ini meliputi : pertama bagaimana muatan materi qurdis tentang nilai-nilai pendidikan islam multikultural, serta kedua bagaimana relevansinya dengan pendidikan karakter di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih karena peneliti hendak mendeskripsikan topik yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan multikultural dan pendidikan karakter dalam buku teks Al-quran Hadist Ibtidaiyah, Jenis penelitian yang dilakukan penulis pada penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research). Hasil dari penelitian ini ialah ditemukannya beberapa nilai-nilai pendidikan islam multikultural dalam pelajaran Al-Quran Hadist Didalam buku teks (Qurdis) kelas empat MI terdiri dari 10 (sepuluh) Pelajaran. Dari sepuluh pelajaran tersebut, yang mengupas tentang Pendidikan Islam Multikultural adalah pelajaran 1 (Mari Belajar Surah An-Nasr) ditemukan dalam bentuk tersurat, tentang at-Ta’awun (tolong-menolong) dan Pelajaran 5 Mari meningkatkan Takwa dan pelajaran 9 (Gemar Bersilaturrahim) ar-Rahmah (kasih sayang) secara tersirat, Pada buku teks Qurdis kelas 5 terdiri dari 9 (sembilan) Pelajaran. Dari sembilan pelajaran tersebut, yang mengupas tentang Pendidikan Islam Multikultural adalah pelajaran 1 (Mari Belajar Surah Al-Kafirun), at-Tasamuh (toleransi) dan pelajaran 3 ialah (Mari Belajar Surah At-Takatsur), at-Ta’awun (tolong-menolong) dua-duanya ditemukan dengan rinci secara tertulis, dan di pelajaran 4 (Menyayangi Anak Yatim), nilai islam multikultural yaitu Saling menyayangi (Al-Rahmah), serta di pelajaran 8 (Jauhi Sifat-sifat Orang Munafiq.) Menjahui sifat-sifat orang munafiq, harus punya sifat jujur (Al-Amanah. Ditemukan secara tersirat dan tersurat. Dan buku teks (Qurdis) kelas enam MI terdiri atas 5 (lima) Pelajaran. Dari lima pelajaran tersebut, yang mengupas tentang Pendidikan Islam Multikultural adalah pelajaran 1 ialah judulnya (mari belajar surah ad-Duha), dan pelajaran 2 ialah (mari gemar memberi), tentang pendidikan Islam Multikultural ditemukan secara tersirat dalam dua pelajaran tersebut, yaitu tentang at-Ta’awun (tolong-menolong) dan di pelajaran 5 (Gemar Beramal Shalih) tentang at-Ta’awun secara tersirat. Relevansi nilai pendidikan islam multikultural dalam Materi Qurdis tingkat Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Karakter disekolah sangat relevan hal ini dibuktikan dengan temukannya uraian materi Qurdis yang berhubungan dengan nilai pendidikan karakter, buktinya: Nilai Religius ada dalam buku teks qurdis kelas 4, tertera tabel 3.1 pelajaran 5 tentang takwa dan pelaran 9 tentang silaturrahim. Selanjutnya kelas 5 pada tabel 3.2 yaitu, nilai dari toleransi pada pelajaran 1 dan pelajaran 4 tentang menyayangi anak yatim, dan di kelas 6 pada tabel 3.3, pada pelajaran 5 tentang beramal shalih (dermawan). Nilai Nasionalis tertera di materi qurdis kelas 5 tabel 3.2 juga tentang toleransi. Dan di kelas 6 tabel 3.3 pelajaran 1 tentang kepedulian sosial. Dan selanjutnya nilai karakter Mandiri tertera materi qurdis kelas 5 pelajaran 3 tentang hidup sederhana tertera di tabel 3.2, dan juga di kelas 6 pelajaran 2 tentang ketuamaan memberi (mandiri tidak meminta-minta) tertera pada tabel 3.3. Nilai Gotong Royong di temukan dalam buku teks Qurdis kelas 4, 5, dan 6. Dan Nilai Integritas ditemukan dalam muatan materi qurdis kelas 4 pelajaran 5, tentang berakhlaq baik bisa dikiht di tabel 3.1, dan kelas 5 pelajaran 8 tentang kejujuran seperti yang tertera di tabel3.2 pada bab 3 tesis ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 03:52
Last Modified: 09 Jan 2025 03:52
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7847

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item