Maqosidah, Maqosidah (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas X MA. Al-Mahmudiyah Tanggumong Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
18381012104_cover_PAI.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
18381012104_LEMBAR PERSETUJUAN_PAI.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
18381012104_LEMBAR PENGESAHAN_PAI.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
18381012104_ABSTRAK_PAI.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
18381012104_DAFTAR ISI_PAI.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
18381012104_BAB I_PAI.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
18381012104_BAB II_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
![]() |
Text
18381012104_BAB III_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
![]() |
Text
18381012104_BAB IV_PAI.pdf Download (893kB) |
![]() |
Text
18381012104_BAB V_PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (256kB) |
![]() |
Text
18381012104_DAFTAR PUSTAKA_PAI.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
18381012104_keaslian tulisan_PAI (1).pdf Download (112kB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode, Index Card Match, Minat Belajar Pembelajaran Islam memerlukan kehati-hatian supaya ilmu agama bisa dipahami dan penuh penghayatan agar menumbuhkan keinginan kuat untuk kehidupan yang selaras dengan ketetapan oleh Allah swt. Kegiatan pengajaran Aqidah Akhlak saat ini cukup terlihat menerapkan metode atau strategi pembelajaran yang terdahulu (tidak mengikuti zaman) dan berpusat pada guru. Selain itu, materi ajar dan bahan ajar yang kurang sesuai mengakibatkan proses belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak MA. Al-Mahmudiyah Sampang membuat siswa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas X MA. Al-Mahmudiyah Tanggumong-Sampang. Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif, yaitu metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, mempersiapkan, serta menganalisis data sehingga mendapat gambaran yang jelas mengenai masalah yang diteliti. Data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer merupakan sumber data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti dari sumbernya. Data primer yang diperoleh dengan hasil wawancara dengan pihak yang terkait seperti kepala sekolah, guru, dan siswa kelas X MA. Al-Mahmudiyah Tanggumong-Sampang. Sedangkan sumber data sekunder merupakan sumber yang diberikan data secara tidak langsung yang melalui orang lain atau lewat dokumen. Sumber data ini berupa observasi informasi melalui buku ataupun jurnal sekolah. Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak kelas X MA. Al-Mahmudiyah Tanggumong-Sampang adalah metode Index Card Match merupakan metode yang cukup cocok dan tepat dalam penerapannya karena dalam metode ini, siswa diminta untuk mencocokkan satu sama lainnya antara kartu soal dan jawaban hingga tepat dan benar. Namun, dalam penerapan metode Index Hasil penelitian dari Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Card Match juga memiliki kelemahan yaitu kondisi kelas yang ramai, guru dan siswa membutuhkan waktu yang lama, butuh penguasaan kelas dan siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 02:14 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 02:14 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7864 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |