Manajemen Kelas Berbasis Pengelompokan Jenis Kelamin dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah: Studi Kasus di MAS Al-Mardliyyah Tagangser Laok Waru dan MAS Mambaul Ulum Ponjanan II Timur Batumarmar Pamekasan

Liska, Liska (2024) Manajemen Kelas Berbasis Pengelompokan Jenis Kelamin dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah: Studi Kasus di MAS Al-Mardliyyah Tagangser Laok Waru dan MAS Mambaul Ulum Ponjanan II Timur Batumarmar Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
A. Liska_22380042022_cover_MPI.pdf

Download (179kB)
[img] Text
B. Liska_22380042022_lembar persetujuan_MPI.pdf

Download (139kB)
[img] Text
C. Liska_22380042022_lembar pengesahan_MPI.pdf

Download (228kB)
[img] Text
E. Liska_22380042022_abstrak_MPI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
F. Liska_22380042022_daftar isi_MPI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
G. Liska_22380042022_BAB I_MPI.pdf

Download (491kB)
[img] Text
H. Liska_22380042022_BAB II_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
I. Liska_22380042022_BAB III_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
J. Liska_22380042022_BAB IV_MPI.pdf

Download (449kB)
[img] Text
K. Liska_22380042022_BAB V_MPI.pdf

Download (306kB)
[img] Text
L. Liska_22380042022_BAB VI_MPI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
M. Liska_22380042022_daftar pustaka_MPI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
D. Liska_22380042022_lembar pernyataan keaslian_MPI.pdf

Download (772kB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Kelas, Pengelompokan Jenis Kelamin, Motivasi Belajar Manajemen kelas adalah keterampilan penting bagi guru dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar. Salah satu bentuk manajemen kelas yang diterapkan dibanyak sekolah ialah manajemen kelas yang mengelompokkan siswa berdasarkan jenis kelaminnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti manajemen kelas berbasis pengelompokan jenis kelamin dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAS Al-Mardliyyah Tagangser Laok Waru dan MAS Mambaul Ulum Ponjanan II Timur Batumarmar Pamekasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen kelas berbasis pengelompokan jenis kelamin dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, apasaja faktor dan solusi yang menghambat pelakasanaan manajemen kelas berbasis pengelompokan jenis kelamin dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAS Al-Mardliyyah Tagangser Laok Waru dan MAS Mambaul Ulum II Ponjanan Timur Batumarmar Pamekasan. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian yang dipilih ialah MAS Al-Mardliyyah Tagangser Laok Waru dan MAS Mambaul Ulum II Ponjanan Timur Batumarmar Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemisahan kelas berdasarkan gender berkontribusi signifikan dalam meningkatkan fokus dan motivasi belajar siswa. Proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang diterapkan di kedua madrasah secara komprehensif memperhatikan kebutuhan individual siswa. Pemisahan ruang kelas menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif, dengan metode pengajaran yang berbeda antara siswa laki-laki dan perempuan, disesuaikan dengan karakteristik belajar mereka. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan dalam pelaksanaan manajemen kelas berbasis gender, seperti keterbatasan fasilitas fisik, masalah kedisiplinan siswa, perbedaan pendekatan pengajaran, dan kelelahan siswa pada jam-jam pelajaran akhir. Kendala ini menghambat motivasi dan partisipasi siswa secara optimal. Faktor-faktor penghambat ini diatasi dengan solusi seperti pemindahan ruang kelas, penerapan sistem poin untuk meningkatkan kedisiplinan, pendekatan emosional oleh guru, dan variasi metode pengajaran yang disesuaikan dengan waktu dan karakteristik siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 16 Jan 2025 02:38
Last Modified: 16 Jan 2025 02:38
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7871

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item