Implementasi Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Pada Mata Pelajaran SKI di MA Syekh Abdurrahman Rabah Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

Wulandari, Rita Fenni Agustina (2024) Implementasi Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) Pada Mata Pelajaran SKI di MA Syekh Abdurrahman Rabah Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Sampul_PAI.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Lembar Persetujuan_PAI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Lembar Pengesahan_PAI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Abstrak_PAI.pdf

Download (511kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Daftar Isi_PAI.pdf

Download (483kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Bab 1_PAI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Bab 2_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Bab 3_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Bab 4_PAI.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Bab 5_PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Daftar Pustaka_PAI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Rita Fenni Agustina Wulandari_20381012184_Lembar Pernyataan Keaslian Tulisan_PAI.pdf

Download (202kB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran AIR, SKI. Penelitian ini dimulai dari ketertarikan seorang peneliti untuk mengetahui tentang Bagaiman implementasi model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada mata Pelajaran SKI di MA Syekh Abdurrahman Rabah Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penerapan model pembelajaran AIR ini sangat penting dalam pembelajaran dikarenakan dapat menambah pemahaman dan juga daya ingat siswa. Model pembelajaran AIR adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan berla haruslah memanfaatkan semua alat Indera yang dimiliki oleh peserta didik yang meliputi dari ketiga aspek yaitu Auditory, Intellectually, Repetition. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana implementasi model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada mata Pelajaran SKI di MA Syekh Abdurrahman Rabah Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan? dan kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada mata pelajaran SKI di MA Syekh Abdurrahman Rabah Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah Kepala Sekolah, Guru SKI, Siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi model pembelajaran AIR pada mata pelajaran SKI di MA Syekh Abdurrahman Rabah Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Guru SKI menerapkan model pembelajaran AIR ini masih menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Kemudian diawali dengan do’a, absensi kelas, dan juga adanya motivasi baik berupa menyampaikan secara lisan maupun di dukung dengan tayangan video. Siswa dibagikan menjadi 4 kelompok yang sesuai dengan lawan jenisnya dan juga dalam kelompok tersebut harus ada yang bisa membantu teman kelompoknya. Kemudian di lanjutkan dengan pemberian soal sekaligus penentuan kelompok 1 seterusnya dengan cara diundi. Setelah itu, adanya presentasi dan sesi diskusi/tanya jawab. Dan diakhiri dengan adanya tugas berupa lisan atau tulis. Kedua, Faktor pendukung, adanya buku panduan berupa LKS, tersedianya tempat belajar siswa di luar kelas, adanya motivasi dari guru SKI baik itu penyampaian secara lisan maupun di dukung oleh tayangan video berupa film pendek, kedisiplinan siswa, dan suasana kelas yang hidup. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tingkat kecerdasan mereka berbeda-beda, pengumpulan tugas yang tidak tepat waktu, banyak siswa yang masih tidak mendengarkan/bicara sendiri, kurangnya semangat dari siswa, kurangnya fasilitas dan juga siswa telat hadir ke sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:22
Last Modified: 07 Feb 2025 04:22
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7909

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item