Interferensi Bahasa Madura dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Guru SMK Sumber Nangka Duko Timur

Firdausy, Ulfatul Ummal (2024) Interferensi Bahasa Madura dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Guru SMK Sumber Nangka Duko Timur. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_COVER_TBIN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_LEMBAR_PERSETUJUAN_PEMBIMBING_TBIN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_LEMBAR_PENGESAHAN_TBIN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_ABSTRAK_TBIN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_DAFTAR ISI_TBIN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_BAB I_TBIN.pdf

Download (137kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_BAB II_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_BAB III_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_BAB IV_TBIN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_BAB V_TBIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_DAFTAR_PUSTAKA_TBIN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
ULFATUL UMMAL FIRDAUSY_19321072027_SURAT_PERNYATAAN_KEASLIAN_KARYA_DAN_PERSETUJUAN PUBLIKASI_TBIN.pdf

Download (71kB)

Abstract

Kata kunci: Interferensi, Bahasa Madura, Bahasa Indonesia Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul akibat penggunaan dua bahasa oleh penutur pada kegiatan belajar mengajar di SMK Sumber Nangka Duko Timur yang menggunakan dua bahasa antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Madura sebagai bahasa ketika pembelejaran. Hal tersebut memungkinkan terjadinya kesalahan berbahasa yang disebut interferensi bahasa. Tujuan penelitian ini adalah menentukan termasuk dalam jenis interferensi apa pada bahasa guru SMK Sumber Nangka Duko Timur yang mengalami interferensi. Fokus penelitian yang dirumuskan oleh peneliti yaitu: Pertama, bagaimana interferensi Bahasa Madura dalam Penggunaan Bahasa Indonesia guru SMK Sumber Nangka Duko Timur?. Kedua, apa jenis interferensi bahasa guru SMK Sumber Nangka Duko Timur?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Sumber datanya terdiri atas guru Bahasa Indonesia dan sebagian siswa di SMK Sumber Nangka Duko Timur. Analisis data ditulis dalam tiga tahapan, yaitu Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verification. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penggunaan dua bahasa sebagai bahasa ketika pembelajaran oleh guru Bahasa Indonesia pada kegiatan belajar mengajar di SMK Sumber Nangka Duko Timur membuat secara sadar maupun tidak sadar guru melakukan kesalahan berbahasa seperti interferensi bahasa. Kedua, ditemukan penggunaan interferensi bahasa guru SMK Sumber Nangka Duko Timur yang terbagi dalam beberapa jenis, yaitu terdapat sebanyak 17 kali tuturan yang termasuk jenis interferensi Fonologis, 1 kali tuturan yang termasuk jenis interferensi Morfologis, dan 14 kali tuturan yang termasuk jenis Interferensi Sintaksis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 13 Feb 2025 01:50
Last Modified: 13 Feb 2025 01:50
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7935

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item