Penerapan Metode Cooperatif Script pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X IPS di SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan

Maulidi, Moh Farhan (2024) Penerapan Metode Cooperatif Script pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X IPS di SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
20381071070_SAMPUL.pdf

Download (270kB)
[img] Text
20831071070_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (333kB)
[img] Text
203810710710_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (351kB)
[img] Text
20381071070_ABSTRAK.docx

Download (20kB)
[img] Text
20381071070_DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB)
[img] Text
20381071070_BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
20381071070_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
20381071070_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
20381071070_BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img] Text
20381071070_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
20381071070_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (321kB)
[img] Text
20381071070_KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (431kB)

Abstract

Kata Kunci : Metode cooperatif Script, Pelajaran Bahasa Indonesia, X IPS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin rendahnya daya tangkap siswa terhadap pemahaman pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa perlunya penggunaan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menunjang minat siswa terhadap proses belajar pembelajaran tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memaparkan penerapan metode pembelajaran yang mampu menjawab permasalahan di atas yakni, Penerapan Metode Cooperatif Script. Penelitian ini menggunakan penelitian berjenis kualitatif deskriptif. kemudian data yang diperoleh yakni dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumber datanya yakni, Kepala Sekolah, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X IPS SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Sedangkan Pengecekan keabsahan data yang peneliti lakukan yakni melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: sebelum mengatakan metode Cooperatif Script ini berhasil, guru sudah memberikan beberapa hasil belajar yang dilakukan oleh siswa. Guru dapat melihat dari hasil belajar disetiap harinya, hasil dari ulangan harian, ulangan semester, nilai keaktifan mulai dari bertanya, memberikan pendapat dan lain sebagainya. Kerja sama siswa juga memberikan nilai lebih pada proses pembelajaran, banyaknya siswa yang berantusias dalam pembelajaran dapat membuat siswa lebih berani dan tidak ada rasa takut dalam menyampaikan hasil belajarnya. Dari Hasil bukti wawancara pada hasil penerapan metode Cooperratif Script belajar siswa dapat dikatakan berhasil, melihat bukti dari kerja sama siswa, hasil nilai harian siswa, keefektifan siswa, dan hasil ulangan semester. Sehingga metode Cooperatif Script ini mampu mengubah siswa yang pasif lebih menjadi aktif, baik mengungkapkan pendapat maupun bertanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:16
Last Modified: 17 Feb 2025 01:16
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7960

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item