Wahyudi, Dwi (2024) Pengaruh Minat Baca Dan Ketersediaan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Islam Nurul Hijriyah Dsn. Mandala Ds. Sejati Kec. Camplong Kab. Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_cover_TBIN.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
persetujuan.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
pengesahan dwi.pdf Download (239kB) |
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_abstrak_TBIN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_daftar isi_TBIN.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_bab 1_TBIN.pdf Download (589kB) |
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_bab 2_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (673kB) |
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_bab 3_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_bab 4_TBIN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_bab 5_TBIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
![]() |
Text
Dwi Wahyudi_20381071054_daftar pustaka_TBIN.pdf Download (313kB) |
![]() |
Text
Keaslian Tulisan.pdf Download (141kB) |
Abstract
Kata Kunci: Minat Baca, Sumber Belajar, Prestasi Belajar Minat baca yang kuat dapat meningkatkan keterlibatan siswa, sementara ketersediaan sumber belajar yang baik mendukung akses terhadap pengetahuan. Kedua faktor ini diyakini saling berinteraksi dan berkontribusi terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat tiga rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, apakah terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Nurul Hijriyah; Kedua, Apakah terdapat pengaruh yang signifikan ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Nurul Hijriyah; Ketiga, Apakah terdapat pengaruh yang signifikan minat baca dan ketersediaan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Islam Nurul Hijriyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Pendekatan kuantitatif memungkinkan pengumpulan data numerik untuk analisis statistic. Pendekatan kuantitatif dipilih karena data yang digunakan oleh peneliti diperoleh dari wawancara tidak terstruktur (studi awal ke sekolah), kuesioner (instrumen utama) dan daftar cocok dokumen. Sementara itu, jenis penelitian ex post facto dipilih karena dalam penelitian ini variabel independen dan variabel dependen yang sudah ada sebelumnya tidak dimanipulasi eksperimen oleh peneliti. Data dikumpulkan melalui 13 responden sebagai uji coba kuesioner dan mengecek validitas dan reliabilitas instrumen tersebut, selanjutnya instrumen tersebut disebarkan kepada 30 sampel penelitian untuk memperoleh data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS untuk menemukan pengaruh parsial dan pengaruh simultan variabel penelitian. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel minat baca tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi pada uji t yang lebih besar dari 0,05 (0,941>0,05). Sementara itu varibel sumber belajar terlihat memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,009 yang lebih kecil dari 0,05 (0,009<0,05). Terakhir, nilai signifikansi pada uji-f (uji simultan) diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,018 yang berarti secara bersama-sama variabel minat baca dan sumber belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel prestasi belajar siswa (0,018<0,05).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:58 |
Last Modified: | 18 Feb 2025 01:58 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/7972 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |