Upaya Guru Ips Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Menggunakan Metode Quiz Team di MTs Ummul Quro Desa Plakpak

Hasan, Hasan (2025) Upaya Guru Ips Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Menggunakan Metode Quiz Team di MTs Ummul Quro Desa Plakpak. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
19381081053 - SAMPUL (PDF).pdf

Download (194kB)
[img] Text
19381081053-HALAMAN PERSETUJUAN (PDF0.pdf

Download (189kB)
[img] Text
19381081053- HALAMAN PENGESAHAN (PDF).pdf

Download (220kB)
[img] Text
19381081053- ABSTRAK.pdf

Download (511kB)
[img] Text
19381081053- DAFTAR ISI (PDF).pdf

Download (256kB)
[img] Text
19381081053- BAB I (PDF).pdf

Download (1MB)
[img] Text
19381081053- BAB II (PDF).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
19381081053- BAB III (PDF).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] Text
19381081053- BAB IV (PDF).pdf

Download (1MB)
[img] Text
19381081053- BAB V (PDF).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
19381081053- DAFTAR RUJUKAN (PDF).pdf

Download (145kB)
[img] Text
19381081053 - KEASLIAN TULISAN (PDF).pdf

Download (223kB)

Abstract

Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Metode Quiz Team Metode quiz team merupakan sebuah metode pembelajaran yang digunakan sebagai model pembelajaran di dalam kelas guna untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa terhadap pembelajaran IPS di dalam kelas. Metode ini digunakan agar siswa tidak merasa bosan ketika belajar IPS, dengan menggunakan model pembelajaran ini maka bisa menarik keaktifan siswa terhadap pembelajaran IPS. Keaktifan belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menguasai serta memahami modul pembelajaran di dalam kelas. Keaktifan ini bisa menggunakan pemikiran, baik itu ide pokok atau gagasan dari setiap pembelajaran, peserta didik dapat memecahkan masalah, atau menerapkan apa yang mereka pelajari kedalam bentuk suatu persoalan yang ada dalam kehidupan dunia nyata. Berdasarkan penjelasan diatas muncul beberapa rumusan masalah sebagai berikut : pertama, bagaimana guru IPS menerapkan metode quiz team dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII di MTs Ummul Quro Desa Plakpak ? kedua, bagaimana peningkatan keaktifan belajar dengan menggunakan metode quiz team di kelas VIII pada mata pembelajaran IPS di MTs Ummul Quro Desa Plakpak ? penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Sumber data yang didapatkan peneliti melalui mengamati proses pembelajaran mata pelajaran IPS kelas VIII, kemudian obsevasi, dokumentasi, hasil akhir siklus. Sebagian siswa merasa senang dan lebih semangat dan serta aktif didalam kelas karena siswa berfikir dengan belajar menggunakan metode ini tidak membosankan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode quiz team dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari hasil penilaian kelompok pada siklus I yaitu dengan nilai baik dan pada siklus II yaitu dengan nilai baik sekali, sedangkan pada catatan hasil keaktifan siswa dalam belajar yang ditunjuk pada siklus I dengan rata-rata tidak muncul dan siklus II rata-rata muncul. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat melalui metode pelajaran quiz team. Berdasarkan hasil kesimpulan dari penelitian ini, makan peneliti memeberikan saran kepada pihak-pihak yang terkait di sekolah MTs Ummul Quro Plakpak khususnya bagi kepala sekolah untuk memberikan arahan kepadasemua guru agar menerapkan sistem pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa seperti motede quiz team, dan juga guru di harapkan untuk lebih kreaktif dalam menerapkan metode pembelajaran agar mampu menumbuhkan minat belajar siswa sehingga keaktifan belajar siswa itu tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:54
Last Modified: 22 Apr 2025 01:54
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8217

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item