Penerapan Self-Regulated Learning (SRL Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan Dan Pondok Pesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan

Makmun, Syukron (2022) Penerapan Self-Regulated Learning (SRL Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan Dan Pondok Pesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.

[img] Text
Cover, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Pengesahan Pembimbing, Sdukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Pengesahan Penguji, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Daftar Isi, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Abstrak, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB I, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB II, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB III, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB IV, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB VI, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Daftar Pustaka, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (374kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian, Sukron Makmun, 20380011045, Pendidikan Agama Islam, Sukmakadurgmail.com.pdf

Download (174kB)

Abstract

Kata Kunci: Self-Regulated Learning, Hafalan, al-Qur’an Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan Dan Pondok Pesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan dikarenakan terdapat sebuah hafalan al-Qur’an berbasis Self-Regulated Learning yang ada di dua pondok tersebut salah satu bentuk penerapanya ialah adanya para santri menghafal al-Qur’an secara individual yang mana mereka menghafal dibebagai tempat sesuai dengan keinginan para santri, dan kegiatan ini apabila diluar program yang telah ditetapkan oleh pengurus. Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama, Tujuan para pengurus dalam penerapan hafalan al-Qur’an berbasis Self-Regulated Learning di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan Dan Pondok Pesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan. Kedua,Tahapan-tahapan proses dalam penerapan hafalan al-Qur’an berbasis Self-Regulated Learning di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan Dan Pondok Pesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan. Ketiga,Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan hafalan al-Qur’an berbasis SelfRegulated Learning di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan Dan Pondok Pesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data, penariakan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan,dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, Tujuan para pengelola atau pengurus dalam penerapan hafalan al-Qur’an berbasis Self-Regulated Learning di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan, ialah: a). agar adanya para tidak merasa terbebadi dengan selalu di awasi pengurus b). agar para santri lebih tenang, santai dan relax dalam menghafal. c). tidak merasakan adanya paksaan yang dapat membuat mereka malas dalam. Sedangkan Pondok Pesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan, ialah: a). agar adanya para tidak merasa terbebadi dengan selalu di awasi pengurus b). agar para santri lebih tenang, santai dan relax dalam menghafal. c). tidak merasakan adanya paksaan yang dapat membuat mereka malas dalam menghafal. Kedua,Tahapan-tahapan proses dalam penerapan hafalan al-Qur’an berbasis Self-Regulated Learning di Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan Pondok, ialah: a). tahap perencanaan yaitu test hafalan bagi santri baru minimal juz 30 dan juz 1 dan juga adanya asrama. b). tahap pengembangan yaitu, Study Banding dan dalam kelas. c). tahap hafalan yaitu hafalan dan setoran Murajaah. Sedangkan di PondokPesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan, ialah: a). tahap perencanaa yaitu test masuk minimal juz 30 dan kebutuhan. b). pada tahap pengembangan yaitu pembuatan kaligrafi. c). tahap hafalan yaitu pada pagi hari setelah subuh berjamaah.Ketiga,faktor pendukung dalam penerapan SRL diPondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Potoan Daya Palengaan Pamekasan, ialah adanya Jadwal kegiatan, kartu setoran dan motivasi. Sedangkan faktor penghamtnya iyalah rasa malas, kantuk dan tidur. Adapunfaktor pendukung di PondokPesantren Darul Jihad Cendana Kadur Pamekasan,ialah adanya sound system dan motivasi sedangkan faktor penghambatnya iyalah rasa malas, kantuk dan tidur.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pascasarjana
Depositing User: Mr. Qori` wahyudi
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:04
Last Modified: 28 Apr 2025 02:04
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8266

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item