Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Menjiplak Gambar dengan Media Loose Parts Di RA Ummul Mukminin Gladak Anyar , Kabupaten Pamekasan

Millah, Durriyatul (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Menjiplak Gambar dengan Media Loose Parts Di RA Ummul Mukminin Gladak Anyar , Kabupaten Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_Cover_PIAUD.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_Halaman Persetujuan_PIAUD.pdf

Download (121kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_Halaman Pengesahan_PIAUD.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_Abstrak_PIAUD.pdf

Download (184kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_Daftar Isi_PIAUD.pdf

Download (209kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_BAB I_PIAUD.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_BAB II_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_BAB III_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_BAB IV_PIAUD.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_BAB V_PIAUD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_Daftar Rujukan_PIAUD.pdf

Download (314kB)
[img] Text
Durriyatul Millah_20381062042_Pernyataan Keaslian_PIAUD.pdf

Download (268kB)

Abstract

Kata Kunci : Anak usia 4-5 tahun, motorik halus, media loose Parts Masalah dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan motorik halus yang masih belum berkembang secara optimal sesuai dengan standar tingkat pencapaian terhadap perkembangan anak. Anak belum mampu mengkoordinasi mata dan tangan pada saat anak kesulitan menggerakkan jari jemarinya, seperti anak belum lentur memegang alat tulis, cara menggunting, meronce, dan mewarnai. Pendidikan Anak Usia Dini bertujuan sebagai bentuk pelayanan pendidikan yang mengutamakan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan serta perkembangan terhadap anak. Oleh karena itu diperlukan suatu media yang menarik untuk mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak. Salah satu media yang menarik bagi anak yaitu menjiplak gambar dengan menggunakan media loose Parts. Tujuan penelitian yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa menjiplak gambar menggunakan media loose Parts dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelas A di TK Ummul Mukminin Gladak Anyar, Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini ialah anak usia 4-5 tahun kelompok A RA Ummul Mukminin. Teknik amalisis data menngunakan teknis analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menjiplak gambar dengan menggunakan media loose Parts dapat meningkatkan perkembangan motorik halus. Peningkatan perkembangan motorik halus anak dapat dilihat dari jumlah anak siswa RA kelas A yang berjumlah 13 anak dengan perkembangan motorik halus sudah meningkat setiap siklusnya, baik siklus I yakni 38% maupun siklus II yakni 77%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menjiplak gambar dengan menggunkan media loose parts dapat meningkatkan motoric halus anak. Peneliti menyimpulkan bahwa menjiplak gambar dengan menggunakan media loose parts di RA Ummul Mukminin dikatakan dapat meningkatkan dalam pembelajaran terhadap anak. Dengan menjiplak menggunakan media loose parts akan terasa sangat menyenangkan karena sangat bervariasi sehingga dapat meninggkatkan terhadap motoric halus anak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 23 Jun 2025 08:35
Last Modified: 23 Jun 2025 08:35
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8292

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item