Ridha, Arini Zainur (2020) Implementasi Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Di Paud Al-Anwar Konang Galis Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_COVER_PIAUD.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_HALAMAN PERSETUJUAN_PIAUD.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_ASBTRAK_PIAUD.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_BAB I_PIAUD.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_BAB IV_PIAUD.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_DAFTAR PUSTAKA_PIAUD.pdf Download (116kB) |
![]() |
Text
ARINI ZAINUR RIDHA_2016070160006_PERNYATAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (62kB) |
Abstract
Kata kunci : Pola asuh demokratis orang tua dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional anak. Pola asuh yang di tanamkan orang tua di duga banyak mempengaruhi dalam membentuk perilaku anak. Baik buruk perilaku anak tergantung pola asuh yang di berikan orang tuanya. Orang tua berperan sebagai orang yang membimbing dan mengarahkan. Selain itu juga selalu mendukung apa yang di lakukan anak tanpa di batasi segala potensi yang di milikinya. Mendorong anak untuk menjadi mandiri namun masih menerapkan batas dan kendali kepada anak dengan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan lingkunga. Namun, pada kenyataannya sebagian orang masih ada yang terlalu membatasi atau memberi kebebasan penuh pada anak. Maka kemungkinan anak akan berperilaku anak merugikan dirinnya dan bahkan merugikan orang lain. Penjelasan di atas muncul dua fokus penelitian sebagai berikut: pertama, Bagaimana Penerapan Pola Asuh orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Emosional Anak Di PAUD Al-Anwar Konang Galis Pamekasan. Kedua, Apa Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Penerapan Pola Asuh Demokrasi Orang Tua Di Paud Konang Galis Pemekasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pola asuh demokratis pada orang tua dalam mengembangkan kemampuan sosial emosiaonal anak di PAUD Al-anwar Konang galis Pamekasan dan untuk mengatahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pola asuh demokratis orang tua di PAUD Al-anwar Konang Galis Pamekasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah keluarga yang mengikuti program PAUD dan pengurusnya keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teori, dan metode. Tehnik analisis data penelitian ini mencakup reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, pola asuh pada anak di paud al-anwar konang galis pamekasan menggunakan pola asuh otoriter, demokrasi dan faktor pendukung dalam pelaksanaan pola asuh orang tua terhadap anak adalah salah satunya tingkat pendidikan orang tua yang tinggi, sedangkan faktor penghambatnya adalah tingkat pendidikan orang tua yang rendah dan kesibukan orang tua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 08:36 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 08:36 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8294 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |