Saidah, Siti (2024) Implentasi Media Pohon Huruf Pada Membaca Permulaan Anak Usia Dini Kelompok A Di TKS Muslimat NU Al-Huda Pamekasan. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
20381062027_SAMPUL (PDF).pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
20381062027_HALAMAN PERSETUJUAN (PDF).pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
20381062027_HALAMAN PENGESAHAN (PDF).pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
20381062027_DAFTAR ISI (PDF).pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
20381062027_BAB I (PDF).pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
20381062027_BAB II (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
![]() |
Text
20381062027_BAB III (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
![]() |
Text
20381062027_BAB IV (PDF).pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
20381062027_BAB V (PDF).pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
![]() |
Text
20381062027_DAFTAR RUJUKAN (PDF).pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
20381062027_KEASLIAN TULISAN (PDF).pdf Download (14kB) |
Abstract
KataKunci: Media PohonHuruf, Membaca Permulaan, Anak Usia Dini Media pohon huruf memiliki berbagai fungsi dalam mendukung penyelenggaraan proses belajar mengajar anak usia dini. Pentingnya dalam memilih media yang sesuai dengan kebutuhan, minat, dan tahap perkembangan anak yang telah ditetapkan di kurikulum PAUD. Dengan demikian penggunaan media pohonhuruf dapat mengembangkan Pada membaca permulaan anak merupakan pilihan yang tepat karena tidak hanya memfasilitasi kemampuan membaca saja akantetapi juga dapat menarik perhatian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menga analisis implementasi media pohon huruf pada membaca permulaan anak usia dini di TKS Muslimat NU Al-Huda Pamekasan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aalisis data dalam penelitian ini peneliti melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data dilakukan melalui triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pengimplementasian media pohon huruf Pada membaca permulaananak usiadini kelompok A di TKS Muslimat NU Al-Huda Pamekasan dilakukan dengan guru menunjukkan media pohon huruf anak mengambil 1 sampai 2 huruf dalam posisi terbalik kemudian menyuruh anak untuk mengucapkan satu huruf yang ada dibuah tersebut. Jika ada seorang anak yang tidak bisa maka guru akan memberikan memberitahukan ciri-ciri dari huruf . Kedua, dampak dari implementasi media pohonhuruf pada membaca permulaan yaitu menarik anak untuk belajar, rasa ingin tahu anak yang tinggi, serta melatih fokus anak. Ketiga faktor pendukung dan penghambat dari implementasi media pohon huruf pada membaca permulaan, yaitu faktor pendukung bentuk media yang menarik dan motivasi guru, sedangkan faktor penghambatnya ukuran media kecil dan kurangnya media.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8335 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |