Riskiyani, Nur Ula Misbahah (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Metode Storytelling Pada Anak Usia Dini di KB Al-faqih Aisyiyah Camplong. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072- COVER _PIAUD.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072_ HALAMAN PERSETUJUAN _PIAUD.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
NU ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072- HALAMAN PENGESAHAN_PIAUD.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072- ABSTRAK_PIAUD(1).pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072_DAFTAR ISI_PIAUD.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072_BAB 1_PIAUD.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072_ BAB II_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072_BAB III_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072-BAB IV_PIAUD.pdf Download (832kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_20381062072_BAB V_PIAUD.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_2038106207_DAFTAR RUJUKAN_PIAUD.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
NUR ULA MISBAHAH RISKIYANI_2o381062072_ PERYATAAN KEASLIAN TULISAN_PIAUD.pdf Download (265kB) |
Abstract
Kata kunci; internalisasi, metode storytelling,Anak Usia Dini Penelitian di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan KB Al Faqih Aisyiyah Camplong, yang mana ditemukan dalam proses pembelajaran menggunakan metode bercerita, metode ini dilakukan setiap seminggu 3x, hal ini menunjukkan bahwa pendidik beranggapan metode bercerita yang digunakan dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada anak sejak dini dengan menggunakan metode bercerita. Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok pada penelitian ini,yaitu: Pertama, bagaimana internalisasi nilai-nilai Karakter melalui metode storytelling pada anak usia dini di KB Al-faqih Aisyiyah Camplong. Kedua, apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam Internalisasi nilai-nilai karakter melalui metode storytelling pada anak usia dini di KB Al-faqih Aisyiyah Camplong. Ketiga, Apa saja manfaat Internalisasi nilai-nilai karakter melalui metode storytelling di KB Al-faqih Aisyiyah Camplong. Tujuan dari penelitian ini, pertama, untuk mengetahui Internalisasi nilai-nilai karakter melalui metode storytellaing pada anak usia dini di KB Al-faqih Aisyiyah Camplong. Kedua, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam internalisasi nilai-nilai karakter melalui metode storytelling pada anak usia dini di KB Al-faqih Aisyiyah Camplong. Ketiga, untuk mengetahui manfaat dari internalisasi nilai-nilai karakter melalui metode storytelling pada anak usia dini di KB Al-faqih Aisyiyah Camplong. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, obrsevasi, dan dokumentasi,informan adalah kepala sekolah dan guru ,orangtua.sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, dan ketentuan pengamatan dan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.internalisai nilai-nilai karakte rmelalui metode storytelling efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, dan empati pada anak-anak. Metode ini memanfaatkan alat peraga dan media visual untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik dan kontekstual. Namun, terdapat beberapa 2. faktor penghambat seperti kekurangan media pembelajaran dan pengaruh teman sebaya, sementara faktor pendukung meliputi kerja sama dengan orang tua, kreativitas guru, dan semangat anak-anak dalam belajar. 3. Manfaat utama dari metode storytelling meliputi peningkatan pemahaman nilai-nilai karakter, pengembangan keterampilan sosial dan emosional,serta stimulasi kreativitas anak-anak. Metode ini juga mempermudah anak-anak dalam menghubungkan nilai-nilai karakter dengan pengalaman pribadi anak, menjadikannya lebih bermakna dan relevan dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:59 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:59 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8337 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |