Upaya Guru dalam Membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang

Wardani, Syafrika Elly (2025) Upaya Guru dalam Membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
21381062031_SAMPUL.pdf

Download (80kB)
[img] Text
21381062031_ HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (462kB)
[img] Text
21381062031_HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text
21381062031_ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
21381062031_DAFTAR ISI.pdf

Download (623kB)
[img] Text
21381062031_BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (734kB)
[img] Text
21381062031_ BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
21381062031_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
21381062031_BAB IV.pdf

Download (803kB)
[img] Text
21381062031_BAB V PENUTUP .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
21381062031_ DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (336kB)
[img] Text
21381062031_KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (290kB)

Abstract

Kata Kunci: Anak usia dini, Pembiasaan PHBS, Upaya guru Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan kebiasaan yang penting ditanamkan sejak dini agar anak memiliki kesadaran dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. PHBS seperti mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga kebersihan diri dapat membantu menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan mendukung tumbuh kembang anak. Penelitian ini memiliki 2 fokus dan 2 tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: 1) Bagaimana upaya guru dalam membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak usia dini di lembaga tersebut. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah dan 1 guru kelompok A. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Tanjung Sampang berhasil menanamkan kebiasaan PHBS pada anak melalui kegiatan rutin seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, berolahraga di bawah sinar matahari. Salah satu strategi yang digunakan adalah pemanfaatan media poster di tempat strategis agar anak lebih mudah memahami dan mengingat pentingnya PHBS. Faktor pendukung dalam penerapan PHBS meliputi ketersediaan sarana, seperti wastafel, tempat sampah peran aktif guru, dan dukungan kepala sekolah, sedangkan hambatannya antara lain kurangnya kesadaran anak serta keterbatasan waktu guru dalam membimbing secara individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Elhamah Nandika Bintan
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:59
Last Modified: 03 Jul 2025 07:59
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8347

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item