Sholehah, Wardatus (2025) Implementasi Layanan Bimbingan Klasikal dalam Meningkatkan Pemahaman Dampak Pernikahan Dini Siswa MA Al- Azhar Pamekasan,. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_Sampul_BKPI.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_ Halaman Persetujuan _BKPI.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa _21381092026_Halaman Pengesahan _BKPI.pdf Download (532kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_Abstrak_BKPI.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_Daftar Isi_BKPI.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_BAB I_BKPI.pdf Download (462kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_BAB II _BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_BAB III_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_BAB IV_BKPI.pdf Download (835kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_BAB V_BKPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_Daftar Pustaka_BKPI.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
Norwidayah Ulfa_21381092026_Pernyataan asli_BKPI.pdf Download (613kB) |
Abstract
KataKunci: BimbinganKlasikal, PernikahanDini, Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman siswa yang rendah tentang dampak pernikahan dini, sehingga membutuhkan peranan bimbingan dan konseling yang berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa. Berdasarkanhaltersebut,makaadatigafokuspenelitianyangmenjadikajian pokok dalam penelitain ini, Pertama bagaimana pemahaman dampak pernikahan dini siswa MA AL- Azhar Pamekasan?, Kedua bagaimana peningkatan pemahaman dampak pernikahan dini dalam implementasi layanan bimbingan klasikal di MAAl- Azhar Pamekasan?, Tiga apa faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan pemahaman dampak pernikahan dini siswa MA Al- Azhar Pamekasan?. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, metodeyangdigunakanolehpenelitidiantaranyawawancaratidakterstruktur, observasi partisipan, kuesioner dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yakni, 1 guru BK dan 12 siswa. Sedangkan dalam analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Layanan bimbingan klasikal dilakukan duasiklus dan setiap siklus terdiri dariduakali pertemuan dengan teknik yang beragam agar siswa lebih semangat dan tertarik dengan harapan adanya peningkatan pemahaman dampak pernikahan dini siswa MA Al- Azhar Pamekasan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, pemahaman dampak pernikahan dini rendah karena minimnya informasi tentang pernikahan dini. Hasil dari implementasi layanan bimbingan klasikal dalam upaya meningkatkan pemahaman dampak pernikahan dini dari dua belas siswapadaprasiklus9siswakriteriabaikdan3sangatbaik,padasiklus1ada 9 siswa kriteria baik dan 3 sangat baik kemudian pada siklus II ada peningkatan yaitu ada 7 siswa kriteria baik dan 5 siswa sangat baik, hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari pra siklus sampai ke siklus II dengan kenaikan rata rata 10%. Ketiga faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan pemahaman dampak pernikahan dini siswa. Faktor pendukung yaitu fasilitas yang disediakan oleh sekolah seperti proyektor, ruang kelas, dan media lainnya yang cukup lengkap, sedangkan faktor penghambat yaitu tidak ada ruangan khusus untuk guru BK, dan guru BK bukan asli lulusan S1 BK.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mrs Elhamah Nandika Bintan |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:44 |
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:44 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/8447 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
![]() |
View Item |