, Pengaruh Marketing Mix dan Pengetahuan Nasabah terhadap Minat Nasabah dalam Memilih Produk Pembiayaan Gadai Non Emas pada BMT NU Cabang Tambelangan Sampang

Mrs, Mahtufah (2020) , Pengaruh Marketing Mix dan Pengetahuan Nasabah terhadap Minat Nasabah dalam Memilih Produk Pembiayaan Gadai Non Emas pada BMT NU Cabang Tambelangan Sampang. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA.

[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ Cover_ PBS. pdf.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Mahtufah_20160703020110_Halaman Persetujuan_PBS.pdf

Download (32kB)
[img] Text
Mahtufah_20160703020110_Halaman Pengesahan_PBS.pdf

Download (47kB)
[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ Abstrak_ PBS. pdf.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ Daftar_ Isi_ PBS. pdf.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ BAB I_ PBS. pdf.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ BAB II_ PBS. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ BAB III_ PBS. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ BAB IV_ PBS. pdf.pdf

Download (774kB)
[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ BAB V_ PBS. pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
Mahtufah_ 20160703020110_ Daftar_ Pustaka_ PBS. pdf.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Mahtufah_20160703020110_Pernyataan Keaslian Tulisan_PBS.pdf

Download (74kB)

Abstract

Kata kunci: Marketing mix, Pengetahuan dan Minat nasabah Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) adalah balai usaha mandiri terpadu yang isinya berintikan Baitul Mal Wt Tamwil dengan kegiatan mengembangkan usahausaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi pengusaha kecil bawah dan kecil dengan antara lain mendorong kegiatan menabung dan menunjang pembiayaan kegiatan ekonominya. Tujuan penlitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix dan pengetahuan nasabah baik secara parsial maupun simultan terhadap minat nasabah dalam memilih produk pembiayaan gadai non emas pada BMT NU Cabang Tambelangan Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Jenis data yang digunakan adalah data Primer yaitu dengan menggunakan kuisioner yang langsung diisi oleh seluruh nasabah BMT NU Jawa Timur Cabang Tambelangan Sampang. Populasi penelitian ini adalah nasabah BMT NU Jawa Timur Cabang Tambelangan Sampang dengan jumlah responden 110 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Produk, lokasi, dan pengetahuan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah, sedangkan harga dan promosi memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap minat nasabah . Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi linear berganda Y = 14.475 + 0.188 (X1) + 0.023 (X2) + 0.163 (X3) + -0.752 (X4) + 0.807 (X5) degan uji t variabel produk thitung = 2.218 > ttabel = 1.982 dan Sig. = 0.029 < 0.05, lokasi thitung = 2.743 > ttabel = 1.982 dan Sig. = 0.007 < 0.05 dan pengetahuan thitung = 5.399 > ttabel = 1.982 dan Sig. = 0.000 < 0.05. Variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan thitung = 0.426 < ttabel = 1.982, disebabkan harga atau tarif untuk produk pembiayaan non emas tidak terlalu berbeda dengan harga di lembaga pembiayaan gadai non emas yang lain sehingga nasabah tidak terlalu memperhitungkan soal harga tersebut. promosi thitung = -6.474 < ttabel = -1.982 dan Sig. = 0.000 < 0.05. Secara simultan marketing mix dan pengetahuan nasabah memiliki pengaruh terhadap minat nasabah berdasarkan hasil uji F. Nilai Fhitung = 15.517 > Ftabel = 2.46 dan Sig. = 0.000 < 0.05. Dalam koefisien determinasi dilihat dari R Square adalah 0,400 atau 40% artinya marketing mix dan pengetahuan nasabah memiliki pengaruh sebesar 40% sisanya sebesar 60% (100%-40%=60%) dijelaskan oleh faktor-faktor lainnya di luar model atau variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini. Berarti marketing mix dan pengetahuan nasabah tidak berpengaruh besar terhadap minat nasabah. Hal ini dikarenakan ada variabel lain atau ada faktor lain yang lebih besar pengaruhnya terhadap minta nsabah yaitu, kualitas pelayanan, fasilitas dan pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? 33B6 ??
?? m_075 ??
?? m_091 ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Imam Ghozali
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:20
Last Modified: 23 Feb 2021 04:20
URI: http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1011

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item