Mrs, Damayanti (2020) Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan di Unit Usaha Syariah Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu Sampang Dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura. Diploma thesis, Institut Agama Islam Negeri Madura.
Text
Damayanti_20160703020041_cover_PBS.pdf Download (147kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_lembar_persetujuan_pembimbing_PBS.pdf Download (15kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_lembar_pengesahan_PBS.pdf Download (67kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_Abstrak_PBS.pdf Download (86kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_Daftar_Isi_PBS.pdf Download (95kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_BAB 1_PBS.pdf Download (236kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_BAB II_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_BAB III_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_BAB IV_PBS.pdf Download (471kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_BAB V_PBS.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_Daftar_Pustaka_PBS.pdf Download (199kB) |
|
Text
Damayanti_20160703020041_surat_pernyataan_keaslian_tulisan_PBS.pdf Download (18kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, keunggulan Kompetitif Unit Usaha Syariah Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu Sampang merupakan lembaga keuangan perbankan yang dalam kegiatan operasionalnya maupun produk bisnisnya dikembangkan dengan berlandaskan pada prinsip syariat Islam. Produk yang dimiliki beraneka ragam mulai dari produk pendanaan hingga produk pembiayaan yang tentunya sangat banyak diminati nasabah, sehingga bisa bersaing atau memiliki keunggulan kompetitif dengan Bank yang lainnya. Hal utama yang mendasari perlu adanya strategi pemasaran adalah karena produk yang dihasilkan tidak dapat mencari konsumennya sendiri, minimnya pengetahuan masyarakat mengenai perbankan syariah dan kondisi pasar untuk suatu produk jasa sangatlah luas, sehingga dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat agar perusahaan lebih terarah dalam mencapai tujuan dan tentunya strategi pemasaran yang digunakan haruslah sesuai dengan etika dan prinsip pemasaran syariah. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama,bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan di Unit Usaha Syariah Bank Jatim KCP Sampang dalam ranah prinsip dan etika pemasaran syariah; kedua, bagaimana Keunggulan kompetitif produk pembiayaan di Unit Usaha Syariah Bank Jatim KCP Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah pimpinan Unit Usaha Syariah Bank JatimSampang, staf pemasaran produk pembiayaan dan nasabah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, strategi pemasaran produk pembiayaan di Unit Usaha Syariah Bank Jatimkantor cabang pembantu sampang dalam ranah prinsip dan etika pemasaran syariah yaitu: bersikap adil, menyesuaikan dengan kebutuhan, memberikan harga yang baik, tidak memaksa atau rela sama rela. sedangkan strategi pemasaran dalam ranah etika pemasaran syariah yaitu sebagai berikut Jujur untuk setiap produk tidak melakukan diskriminasi, mempunyai produk yang baik untuk dipasarkan. Kedua, keunggulan kompetitif produk pembiayaan di Unit Usaha Syariah Bank Jatim Kantor Cabang Pembantu Sampang yaitu: Memiliki produk yang banyak diminati yaitu Emas iB Barokah dan juga KPR iB Barokah, mengeluarkan produk sesuai kebutuhan pasar. Produk pembiayaan yang diminati dari dulu sampai sekrang selalu meningkat peminatnya yaitu produk Emas iB Barokah salah satunya, selain itu produk yang ada di Unit Usaha Syariah Bank JatimSampang adalah produk yang sangat sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga bisa bertahan dari waktu ke waktu, asset terus meningkat, pelayanan yang diberikan selalu baik, agar nasabah semakin loyal terhadap Bank Jatim Syariah, bekerja sama dengan instansi, sering menjalin kerja sama dengan instansi non bank seperti pondok pesantren, sekolah islam dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? m_067 ?? ?? m_082 ?? ?? m_130 ?? ?? m_172 ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah |
Depositing User: | Mr Ardiansyah Ardiansyah |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 04:18 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 04:18 |
URI: | http://etheses.iainmadura.ac.id/id/eprint/1016 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |